Rabu, 21 Maret 2012

PEMASANGAN KABEL FIBER OPTIC DI WILAYAH BATULAYAR


DESA SANDIK: Pengguna jalan di jalan Pariwisata masih harus berhati-hati dalam mengendara. Pasalnya, pemasangan kabel yang diperuntukkan untuk celluler masih dalam proses pengerjaan. Kali ini pemasangan kabel Fiber Optic (FO) yang berjenis serat kaca miliki Operator cellular XL masih membutuhkan waktu selama kurang lebih satu bulan. Pemasangan ini baru berjalan sekitar 2 (dua) minggu, dan Pak Majhan selaku pengawas proyek lapangan, demikian dikatakan oleh salah seorang pekerja yang sedang bertugas.
P
royek ini difasilitasi oleh PT Maju Perdana Utama dan menurut keterangan proyek untuk Nusa Tenggara Barat akan dikerjakan selama 6 (enam) bulan. Adapun tujuan pemasangan kabel-kabel Optik ini adalah untuk penyaluran ke tower-tower operator. Sebelumnya, XL menggunakan kabel-kabel yang melintang/ tidak ditanam sebagaimana layaknya kabel-kabel listrik biasa, namun karena semakin banyaknya pendirian bangunan dan demi keamanan pihak proyek memutuskan untuk mengganti dengan system tanam (kabel ditanam).
S
etelah menyelesaikan di wilayah Lombok Barat, para pekerja akan langsung melanjutkan pengerjaan ke Praya Lombok Tengah dan diakhiri di wilayah Terare Kabupaten Lombok Timur. Pemasangan kabel optic ini untuk jalur Senggigi-Mataram, begitu ucap pekerja.