Senin, 05 Maret 2012

AYO KE POSYANDU


DESA BATULAYAR: Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) yang merupakan salah satu bentuk upaya pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak balita. Posyandu adalah wadah pelayanan terpadu yang dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat guna mempercepat peningkatan kesehatan dan kesejahteraan ibu, anak dan keluarga. Adapun diadakannya tujuan Posyandu adalah menghimpun potensi masyarakat untuk berperan serta secara aktif meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan ibu, bayi, balita dan keluarga serta mempercepat penurunan angka kematian ibu, bayi dan balita sesuai yang dicanangkan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah.
Di Dusun Teloke sebanyak 181 bayi dan Balita sedang dicek kesehatannya oleh petugas dari Puskesmas Meninting Kecamatan Batulayar. Pelayanan Posyandu yang dipusatkan di rumah Kepala Dusun Teloke Tengah (Martadi). Pelayanan ini meliputi Penimbangan Berat Badan anak, gizi, imunisasi, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), KB dan penanganan penyakit diare. Kegiatan ini diadakan setiap bulan, petugas dari Puskesmas memusatkan pelayanan di sini dan dibantu oleh beberapa kader, begitu ungkap Kepala Dusun Teloke Tengah saat memantau pelaksaan kegiatan Posyandu.
Dari data yang ada di tangan petugas bahwa jumlah anak yang diperiksa merupakan gabungan dari dua dusun setempat, yaitu Dusun Teloke Lauk dan Dusun Teloke Tengah Desa Batulayar Kecamatan Batulayar. Sejak dahulu memang Posyandu dipusatkan di rumah Kepala Dusun untuk memudahkan ibu-ibu khususnya mengontrol buah hatinya.
Adapun tentang informasi atau jadwal kunjungan petugas pemeriksa dari kesehatan Kepala Dusun mengatakan, biasanya 1 (satu) hari sebelumnya kita informasikan, atau malam  hari kita umumkan melalui pengeras suara Masjid (loudspeaker). Bisa juga kabar disebarkan melalui kader-kader Posyandu yang ada di masing-masing dusun. Kader-kader tersebut memang ditugaskan sebagai tenaga bantuan dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak, mereka sudah biasa menangani hal-hal tersebut lanjut Martadi selaku Kepala Dusun Teloke Tengah di kediamannya.