Senin, 05 Maret 2012

AMBULANCE DESA BATULAYAR


DESA BATULAYAR: Setelah menjabat sebagai Kepala Desa Batulayar Kecamatan Batulayar, H.M. Nur Taufiq terbilang banyak melakukan kreasi dan inovasi dalam memajukan wilayah yang dipimpinnya. Sejak dinyatakan menang telak pada Pemilihan Kepala Desa Januari 2011 silam, Kepala Desa Mungil ini sering melakukan berbagai terobosan. Dari pendekatan kepada masyarakat, hingga memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang tergolong penting dan darurat. Efektif satu minggu ini Desa Batulayar memiliki Ambulance Desa. Ambulance tersebut merupakan bentuk kerja sama antara pihak Program Nasional  Pemberdayaan Mandiri Masyarakat Perdesaan (PNPM-MP) dengan Desa Batulayar.
Pengadaan Ambulance Desa diprioritaskan bagi ibu-ibu hamil yang berada butuh penanganan segera menjelang melahirkan. Sekitar seminggu ambulance desa ini ada, kita prioritaskan kepada ibu-ibu hamil sekedar untuk mengantarkan mereka ke Puskesmas terdekat atau Puskemas Pembantu (bidan) demikian ulas Taufik di halaman Kantor Desa Batulayar.
Sekarang tengah diurus surat-suratnya ke resort oleh H. Mahyun, Untuk menjaga keamanan, kendaraan ini disimpan di rumah Kepala Desa sendiri, siapa yang membutuhkan bisa digunakan untuk keperluan yang dimaksud, begitu lanjut Kepala Desa Batulayar.
Terkait dengan siapa yang  ditugaskan sebagai sopir kendaraan tersebut hingga kini belum jelas. Namun ini merupakan sebuah kabar gembira bagi masyarakat Batulayar khususnya bagi ibu-ibu hamil atau mau melahirkan yang tidak memiliki kendaraan menuju Puskesmas. Aksi-aksi social seperti ini perlu dimiliki oleh seorang pemimpin, bukan hanya mencari jati diri, namun merupakan bagian dari tanggung jawab yang harus diemban.