Rabu, 21 Maret 2012

MELASTI MENYAMBUT HARI RAYA NYEPI


BATULAYAR: Melasti menjelang Hari Raya Nyepi, sebagian besar umat Hindu di Nusa Tenggara Barat melaksanakan upacara Melis, Mekiyis atau melasti yang merupakan rangkaian upacara Nyepi. Tahun ini Melasti umat Hindu se-NTB dipusatkan di Pantai Melase Desa Batulayar Kecamatan Batulayar Lombok Barat. Upacara dilaksanakan oleh sebagian besar umat Hindu dan bukan seluruhnya, karena memang tradisi melis atau mekiyis ini sendiri tidak dilaksanakan secara serentak, sepertinya disesuaikan dengan adat tradisi yang berkembang dimasing-masing daerah. Sejak pukul 14.00 umat Hindu yang berhajat melaksanakan upacara ini berduyun-duyun untuk mendatangi pusat acara. Halaman kantor Camat Batulayar pun dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai lokasi untuk memarkir kendaraan.
Melihat berjubelnya umat Hindu yang akan melakukan prosesi di Pantai Melase membuat lalu-lintas jalur Senggigi sempat macet. Pengawalan aparat keamanan dari jajaran Polda NTB, Kapolres Lombok Barat, serta aparat-aparat lainnya pun mengambil peran dalam mengamankan acara suci bagi umat Hindu tersebut.
Di Kecamatan Batulayar, komunitas Hindu memang tergolong tinggi. Di Desa Batulayar saja, terdapat dua Dusun pemukiman umat Hindu, yakni di Dusun Tanah Embet Timur dan Tanah Embet Barat. Itu belum lagi ditambah dengan umat Hindu yang berdomisli di Desa Batulayar Barat dan di Desa Senggigi, tepatnya di Dusun Kerandangan. Hingga sore hari, nampaknya pengendara yang melintasi atau yang akan menuju arah Ampenan-Senggigi dan Senggigi-Ampenan harus berhati-hati. Itu disebabkan ramainya masyarakat Hindu yang lalu-lalang guna menghadiri acara. Ritual ini merupakan penyucian, atau prayascita bagi umat Hindu. Dalam lontar Sang Hyang Aji Swamandala disebutkan bahwa tujuan ritual ini juga adalah untuk melenyapkan penderitaan masyarakat dari keterikatan dunia material, sedangkan lontar Sundarigama menyatakan bahwa tujuan  dari Melasti adalah untuk memperoleh air suci kehidupan di tengah-tengah lautan. Air suci ini berasal dari muara sungai-sungai suci di India khususnya sungai Gangga.