Rabu, 30 Maret 2016

RAZIA KTP DI BATULAYAR

Sejak dua hari melakukan Penertiban Administrasi Kependudukan di wilayah Batulayar yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) serta Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lombok Barat, masyarakat mulai sadar akan pentingnya memiliki dokumen adminstrasi. Sejak Senin, gabungan aparat Kabupaten yang berwenang dalam masalah penertiban, mendatangi Desa Senteluk dan Desa Bengkaung untuk memeriksa dokumen warga.
Dari hasil pemeriksaan, Dinas Dukcapil, Pol PP, serta tim pendamping dari Kecamatan banyak menemukan warga yang tidak memiliki kelengkapan yang diperiksa. Adapun materi pemeriksaan terkait adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) serta Kutipan Akta Kelahiran yang dimintakan oleh petugas untuk diperiksa. Sehari sebelumnya, Tim yang turun langsung ke Desa Senteluk Kecamatan Batulayar masih banyak ditemukan warga yang tidak memiliki KTP, KK dan Akta Kelahiran, kalaupun ada, ada warga yang tidak memiliki data lengkap, alias kurang data. Misalnya warga memiliki KTP, namun tidak memiliki Akta, dan atau sebaliknya, ada sebagian dari warga yang masih menggunakan KTP Lama alias KTP Manual, bukan Electrik, demikian cerita dari Muhammad Sudli, anggota Pol PP Kecamatan Batulayar usai melakukan pemeriksaan.
Petugas yang menemukan warga tidak memilki dokumen lengkap, langsung mengerahkan ke Kantor Kecamatan untuk mengurus semua kelengkapan yang dibutuhkan. Seperti pada hasil pemeriksaan kemarin, Selasa, 29 Maret 2016, hamper dari seperempat warga Desa Bengkaung mendatangi Kantor Camat untuk pelayanan perekaman KTP dan KK.
Agus, salah satu warga Desa Bengkaung mengatakan ada warga yang terkejut ketika diminta untuk datang ke Kantor Desa untuk dikumpulkan, padahal tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Kerumunan warga yang ada di Kantor Desa ternyata dimintai keterangan tentang persyaratan administrasi kependudukan. Sejak saat itu, warga yang merasa tidak memiliki dokumen lengap berbondong-bondong mendatangi Kecamatan Batulayar.
Kepemilikan dokumen seperti KTP dan KK merupakan hal yang musti diperhatikan oleh warga. Selain sebagai data pengenal identitas, data-data tersebut akan sangat dibutuhkan di kemudian hari. Jangan beranggapan bahwa hari ini anda tidak butuh KTP, KK dan Akta, suatu saat semua itu akan sangat mendesak, demikian urai salah satu petugas Dinas Dukcapil Lombok Barat di Desa Bengkaung.