Rabu, 10 Februari 2016

EKSPOSE RUP LOBAR DI BATULAYAR



Ekspose Rencana Umum (RUP) Pengadaan di Kabupaten Lombok Barat dihadiri langsung oleh PLT. Bupati Lombok Barat di Aula Kantor Kecamatan Batulayar. Sederetan program yang akan dikerjakan tahun ini dibeberkan langsung oleh pemerintah secara detail. Khusus untuk acara Ekspose RUP, merupakan kali pertama dilakukan di Lombok Barat bahkan di Nusa Tenggara Barat, begitu sambutan Fauzan Khalid selaku Bupati.
Kegiatan ekspose ini menghadirkan hamper semua pejabat Pemerintah Kabupaten Lombok Barat seperti Kepala Dinas, Kepala Badan dari semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Pembicaraan awal dibuka langsung oleh Camat Batulayar, Suparlan sebagai pemandu. Selanjutnya, pada materi RUP salah satu yang menjadi bahasan adalah tentang Pedoman Pemberian Dana Hibah dan Bantuan Sosial di Kabupaten Lombok Barat. Eva yang bertugas selaku Asisten I di Lombok Barat menjelaskan secara rinci bentuk dan system pemberian hibah dan bantuan social.
Hibah adalah pemberian dari pemerintah kepada masyarakat baik berupa barang atau uang yang tidak mengikat dan tidak terus menerus dengan tujuan penyelenggaraan pembinaan pemerintah kepada masyarakat. Adapun Bantuan social didefinisikan sebagai pemberian dari pemerintah baik berupa barang atau uang, tidak terus-menerus secara selektif dengan dilandasi kemungkinan resiko social di masyarakat, begitu penjelasan ibu berkacamata ini dihadapan hadirin yang hadir.
Selain menjabarkan materi Hibah dan Bantuan Sosial, Eva yang merupakan salah satu pejabat tinggi di Lombok Barat juga memberikan penjelasan terkait dengan landasan pemberian hibah dan bantuan social yang berdasarkan pada peraturan-peraturan yang ada. Salah satu aturan  yang disebut misalnya Peratruan Menteri Dalam Negeri (PERMEDEDAGRI) Nomor 39 Tahun 2012. Pun demikian, peraturan ini belum sepenuhnya bisa dijalankan di bawah, demikian ulasan dari Eva.
Selain pejabat dan Kepala-Kepala Instansi, acara ini dihadiri oleh seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Batulayar, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda lingkup Kecamatan Batulayar. Pertemuan yang dimulai sejak pukul 10.00 diakhiri menjelang Adzan Zhuhur.