Rabu, 10 Februari 2016

LINTAS ALAM SANTRI MADRASATUL QURANIYAH



Mengisi liburan sekolah yang bertepatan pada hari imlek, santri dan santriwati Pondok Pesantren Madrasatul Quraniyah Dusun Tato Desa Sandik Kecamatan Batulayar menggelar acara lintas alam. Lintas alam ini diikuti oleh seluruh santri madrasatul qur’aniyah dari tingkat tsanawiyah dan aliyah. Kegiatan ini melibatkan seluruh pengurus termasuk dewan guru yang bertugas di madrasah yang pimpin oleh TGH. Mujtahidin ini.
Para peserta berangkat dari pondok pesantren dengan melintasi dusun Senteluk selanjutnya menapaki ke Dusun Seraye Desa Bengkaung. Acara ini sengaja digelar oleh panitia penyelenggara untuk mengisi kegiatan liburan selama dua hari. Menurut Fathul Azis, Kepala Madrasah Aliyah Madrasatul Qur’aniyah mengatakan jika kegiatan ini dimaksudkan untuk pembinaan mental dan karakter santri. Perlu sekali-sekali pendidikan mental, dengan cara seperti ini. Di samping itu, Fatah melanjutkan jika kegiatan ini melambangkan kekompakan elemen madrasatul qur’aniyah. Dan yang terakhir santri mengetahui wilayah mereka masing-masing, begitu keterangan Fathul Azis.
Lintas alam merupakan kegiatan yang biasa dan sering terdengar ditelinga. Bagi mereka yang gemar bertualang, lintas alam merupakan hal yang menantang, mengasyikkan, menyegarkan dan sebagainya. Karena melalui alam, bisa saja orang menemukan inspirasi yang sangat posistif. Lintas Alam di wilayah Batulayar setelah dijajal, ternyata tidak kalah menarik dan menantang. Panorama alam Batulayar dari puncak perbukitan dan pegunungan memberikan banyak kenangan dan kemewahan alami yang tersimpan di dalamnya.
Air terjun Batu Jaran misalnya, salah satu icon bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pedalaman. Sebagai salah satu sumber penghidupan, air yang mengalir dari kali Batulayar memberikan kesegaran bagi siapa saja yang menghampiri. Tidak banyak yang mengetahui keberadaan air terjun ini karena terletak di tengah hutan Batulayar. Untuk mengambil air, masyarakat Batulayar memasangkan pipa-pipa sebagai penyalur air untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.