Jumat, 05 Oktober 2012

PASAR KULINER PUSUK LESTARI


Pasar Kuliner di Pusuk Lestari
Jika mendengar kata kuliner, biasanya kita terperangah dengan ciri khas, utamanya makanan. Di Kecamatan Batulayar, dari dua Pasar Kuliner yang telah didirikan; di Desa Batulayar dan di Desa Pusuk Lestari, pasar kuliner tersebut masih terkesan biasa-biasa saja. Sejauh ini baik pasar kuliner yang terdapat di Batulayar maupun di Pusuk Lestari, Pasar Kuliner Pusuk Lestari yang juga merupakan pintu gerbang masuk ke Kabupaten Lombok Utara tersebut sedikit lebih ramai.
Jika memperhatikan bahan dagangan atau makanan yang dijajakan di dua lokasi Kuliner itu, memang hampir sama, hanya saja Pasar Kuliner Pusuk Lestari memiliki nilai plus. Tersedianya minuman “TUAK MANIS” di lokasi tersebut menjadi nilai tambah. Tidak hanya itu, jika menghadap ke sebelah utara, lokasi perbatasan wilayah Lombok Barat dan Lombok Utara tersebut terlihat sangat indah dan menawan. Pemandangan alam yang begitu alami bisa dinikmati sembari menikmati manisnya “Tuak Manis” (air dari pohon Nira).
Sebagaimana diketahui, Desa Pusuk Lestari merupakan Desa yang baru beberapa bulan menjadi Desa definitive/ mekar. Sebelumnya, desa tersebut masih menjadi naungan dari Desa Lembahsari Kecamatan Batulayar. Junaidi yang menjadi Kepala Desa Pusuk Lestari terlihat bersahaja, dengan tampilannya yang seakan-akan lugu mampu mendesign wilayah yang dipimpinnya dengan baik. Tamu-tamu Mancanegara yang singgah di Pasar Kuliner Pusuk Lestari lebih sering terlihat.