Sabtu, 27 Oktober 2012

BATULAYAR GO GREEN


Bulan Oktober merupakan salah satu dari 12 bulan yang menyimpan nilai sejarah tinggi bagi bangsa Indonesia. Ya, apalagi kalau bukan hari munculnya Sumpah Pemuda. Peringatan akan lahirnya Sumpah Pemuda memiliki arti yang sangat tinggi dan pesan moral yang begitu mendalam, pemuda an sich, namun seutuhnya kepada bangsa dan rakyat Indonesia tercinta.
Unsur TNI dan Gafatar
Pemahaman akan pentingnya makna Sumpah Pemuda sebagai tolak ukur perjuangan bangsa dalam menyatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) oleh para pahlawan-pahlawan bangsa perlu untuk direfleksikan dalam kehidupan masa kini. Perjuangan tampa pamrih para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa-raga demi tegaknya bangsa Indonesia.
Sebagaimana memperingati hari-hari bersejarah lainnya, hari Sumpah Pemuda perlu memiliki ruang atau space untuk dijadikan sebuah momentum perenungan. Bagi para pemuda, menumbuh-kembangkan sikap-sikap nasionalisme dan patriotisme misalnya sangat urgen untuk dilakukan.
Di Kecamatan Batulayar misalnya, mewarnai peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini, acara bhakti social digalakkan. Minggu, 28 Oktober pemerintah Kecamatan Batulayar umpamanya melaksanakan kegiatan penghijauan, bersih-bersih pantai dan lingkungan sekitar. Aksi ini melibatkan anggota KNPI Kecamatan Batulayar, Gafatar, NTB Bisa, mahasiswa serta perangkat Desa. Penamaman pohon dan bersih-bersih pantai pun dimulai dari Pantai Duduk Desa Batulayar kemudian bergeliriya menuju Pantai Senggigi.
KNPI Kec. Batulayar sedang Menanam Pohon
Sementara itu di Pasar Seni Sengggi dilangsungkan acara pengikraran SUMPAH PEMUDA serta penganugerahan dan pemberian penghargaan kepada panitia Go Green, PMI Provinsi NTB, KNPI Provinsi dan masih banyak lagi. Acara yang melibatkan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten serta instansi terkait tersebut semakin ramai dengan hadirnya beberapa sponsor yang mendukung kegiatan seperti dari NIKI Super yang ikut mengambil peran.