Sabtu, 06 Oktober 2012

MGMP; HARAPAN PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MADRASAH


Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) semester  ganjil tahun 2012 kembali diselenggarakan. Kali ini MGMP dipusatkan di Pondok Pesantren al-Dienul Qayyim Kapek Kecamatan Gunungsari. Kegiatan ini pula merupakan bentuk kerja sama antara guru-guru madrasah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan khususnya yang berbasiskan madrasah. Batulayar-Gunungssari merupakan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) yang didalamnya mengurus kegiatan penyelenggaraan sekolah; Midle Test, Ujian Akhir Sekolah.
Ajang Musyawarah Guru Mata Pelajaran ini diharapkan sebagai bentuk unifikasi antara guru-guru mata pelajaran sesuai bidang masing-masing dalam mengelola pendidikan di sekolah; penyatuan visi-misi dalam membuat soal ujian, entri data, dan sebagainya. Kegiatan ini serasa sangat bermanfaat dikarenakan masing-masing guru mata pelajaran dapat saling bertukar informasi dengan guru yang berasal dari sekolah yang berlainan. Kekurangan-kelebihan, metode yang diterapkan dalam mengajar, pengatasan siswa yang nakal di kelas, etc.
MGMP melibatkan semua guru mata pelajaran di Madrasah. Namun pada pertemuan yang diselenggarakan di Pondok Pesantren a-Dienul Qayyim menghadirkan guru-guru; Kimia, Bahasa Indonesia, Tekonologi Informasi dan Komunikasi, dan Ekonomi-Akuntansi. Dalam acara penutupan yang disampaikan oleh Ahmad Juaini, Lc selaku Sekretaris penyelenggara MGMP mengatakan bahwa, untuk pertama ini memang langsung dipusatkan di pondok ini sehubungan dengan pimpinan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) untuk Madrasah Aliyah berada di tempat ini. Untuk mata pelajaran yang lain, kita akan usahakan bergiliran, seperti di Pondok Pesantren Al-Aziziyah, atau Belencong, demikian keterangan panitia sebelum membubarkan acara.  Semoga dengan adanya Musyawarah Guru ini pendidikan di Indonesia pada umumunya menjadi lebih berkualitas. Amien.