Minggu, 14 Oktober 2012

ENROLLMENT E-KTP DI BATULAYAR MULAI RAMPUNG

Warga sedang menunggu antrian
Perekaman elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di Kecamatan Batulayar hampir rampung. Minimnya masyarakat yang mendatangi Kantor Camat Batulayar terlihat semakin berkurang. Itu merupakan tanda bahwa masyarakat yang telah melakukan enrollment (perekaman) e-KTP untuk tahap pertama ini segera berakhir. Menurut keterangan salah satu operator e-KTP, Sadri enrollment e-KTP akan akan ditutup pada akhir Oktober 2012 ini, sebenarnya minggu kedua ini, tapi diperpanjang.
Sebelumnya perangkat e-KTP sempat dialihkan ke beberapa Desa; Desa Sandik, Meninting, Batulayar Barat, serta Desa Bengkaung. Hal tersebut merupakan kebijakan dari Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Barat. Itu dilakukan untuk memudahkan masyarakat melakukan perekaman, termasuk untuk menghemat biaya, energy, dan waktu. Sebelumnya mereka harus datang ke Kecamatan dengan antrian yang lama. Setelah diberikan kesempatan, masing-masing Desa mendapatkan jatah peminjaman perangkat selama 2 (dua) hari untuk kemudian dikembalikan ke Kantor Camat Batulayar.
Kini operator-operator e-KTP mulai terlihat lengang. Jika dibandingkan dengan kondisi sebelumnya, operator e-KTP bisa sedikit lega. Pelayanan kepada masyarakat yang datang untuk melakukan perekaman mulai menurun. Di Batulayar, ada tiga perangkat perekam e-KTP yang difungsikan. Bila dibandingkan dengan masyarakat tentu tidak sebanding, ditambah dengan operator yang harus menggunakan shift/ bergiliran untuk melayani masyarakat.