Minggu, 28 Oktober 2012

APEL SUMPAH PEMUDA DI BATULAYAR

Sebagaimana memperingati hari-hari bersejarah lainnya, Pemerintah Kecamatan Batulayar pun mengadakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. Peringatan ke-84 Sumpah Pemuda tersebut berlangsung lancar dan terkendali. Dimulai sejak pukul 07.30 peserta upacara sudah memadati lapangan Kantor Kecamatan untuk mengikuti proses upacara. Upacara kali ini agak berbeda, mengingat pada moment ini, rangkaian acara banyak diambil alih oleh kalangan pemuda-pemuda lingkup Kecamatan Batulayar. Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Batulayar dirangkul dengan dinas dan instansi atau SKPD Kecamatan Batulayar.
Apel kali ini dikomandani oleh Ketua Gafatar, begitu juga dengan pembaca teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda diambil dibebankan personil Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Batulayar serta bertindak selaku pengibar bendera siswa dan siswi SMA 1 Batulayar untuk untuk mengambil bagian. Meski terkesan aneh dengan tanggal upacara, yaitu pada tanggal 29 Oktober, namun tidak mengurangi animo peserta untuk ikut melaksanakan apel.
Camat Batulayar, Drs. Mujitahidin selaku Inspektur upacara mengamanatkan beberapa hal yang sebelumnya juga menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H., isu peculikan yang sempat menggemparkan warga jangan terlalu dipercaya, begitu ujar Camat kepada peserta apel. Upacara yang berdurasi sekitar 1 jam tersebut ditutup oleh do’a yang dipimpin oleh Ust. Baharudin.