Rabu, 04 April 2012

PONDOK PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA TAFAQQUH FIE AL-DIEN


Banyaknya agenda yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah Desa Sandik Kecamatan Batulayar tidak membuat pimpinan pondok pesantren merasa penat untuk mengurusinya. Beberapa jenis rutinitas pondok pesantren tetap digelar. Salah satu agenda yang menjadi perhatian hingga sekarang adalah pengajian umum yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren. Tidak tanggung-tanggung, pimpinan pondok pesantren mendatangkan Dr. Subhan Abdullah Acim untuk mengisi pengajian yang selenggarakan setiap bulan usai sholat Jum’at. Dr. alumnus Maroko ini memberi siraman rohani kepada masyarakat sekitar pondok pesantren. Untuk diketahui, beberapa dusun yang berdampingan dengan lokasi pondok pesantren; Dusun Tato, Dusun Aik Are, dan Dusun Senteluk.
P
ondok Pesantren sebagai lembaga tafaqquh fie al-Dien merasa berkewajiban untuk membimbing masyarakat terutama dalam hal penanaman nilai-nilai agama agar tetap konsisten dan konsekuen. Di samping itu pula tujuan diadakanya pertemuan tiap bulan ini adalah untuk memupuk jalinan tali silaturrahim antara pondok pesantren dengan masyarakat.
Dalam siraman rohaninya, Dr. Subhan Abdullah menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan nilai-nilai agama. Pentingnya pendidikan pun sempat disinggung oleh Dosen Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram ini. Kita dianjurkan banyak-banyak berdo’a dengan keikhlasan, demikian urai kiai asal Sumbawa ini dihadapan jamaah yang hadir.
Biasanya, sebelum menggelar pengajian, beberapa kegiatan yang dijadikan sebagai pembuka acara atau sambutan yaitu pidato atau ceramah-ceramah yang diprioritaskan untuk anak-anak Madrasah Ibtida’iyah. Itu untuk pembinaan mental anak-anak agar terbiasa, begitu ujar Kepala Madrasah Ibtida’iyah, Jalaluddin. Setelah penyampaian ceramah oleh adik-adik dari tingkat MI, acara dilanjutkan dengan pembacaan shalawat-shalawat serta diakhiri oleh do’a. Semua itu merupakan rangkaian kegiatan acara sebelum memulai pengajian umum oleh sang Da’i.
Tokoh-tokoh yang didatangkan untuk mengisi pengajian oleh pondok pesantren Madrasatul Qur’aniyah termasuk dalam kate