Senin, 30 April 2012

PASAR KULINER BATULAYAR MASIH MENJADI PAJANGAN


Berbicara pasar kuliner di kawasan wisata Batulayar, Lombok Barat, maka pasar kuliner yang  tepatnya berada di sebelah Makam Batulayar Desa Batulayar Barat perlu mendapat perhatian. Hotel berbintang, pantai yang indah nan elok, tidak cukup dijadikan sebagai  barometer untuk mengundang perhatian tourist, domestic maupun mancanegara. Dus, pasar kuliner di kawasan wisata setidaknya menjadi bagian atau icon yang mendukung berkembang atau majunya kawasan wisata, Lombok Barat khususnya. Pasar Kuliner yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat selama ini belum terlihat berfungsi atau efektif.
Banyak factor yang menyebabkan pasar kuliner ini belum terlihat ramai sebagaimana pasar-pasar kuliner-kuliner di daerah atau kabupaten lain. Selain letak pasar yang kurang “strategis”, letak pasar juga terkesan mengganggu pemandangan menuju arah pantai.  Tidak hanya itu, yang disebut pasar kuliner, seharusnya mampu menghadirkan menu-menu khas yang memiliki daya tarik pengunjung. Segala jenis makanan khas atau langka memberi nilai plus keberadaan pasar kuliner dimana dibangun.
Bangunan yang terdiri dari 14 lokal ini masih menjadi “pajangan” atau penghias jalan. Letaknya yang di jalan umum memberi warna lain bagi pengguna jalan yang melintas ke arah Senggigi. Namun bagaimana pun juga, kerja sama antara pemerintah dengan para pedagang harus tetap baik, umumnya bagi para asongan yang menajajakan barang di pinggir jalan raya. Pasar kuliner di kawasan wisata sangat diperlukan. Selain untuk mempromosikan produk local, juga meningkatkan pengunjung yang akhirnya dijadikan sebagai sumber pendapatan.