Senin, 30 April 2012

UNTUKMU PARA KEPALA DESA


SAIFUL AJRAM (Sekdes Bengkaung)
Kepala Desa (Kades) harus punya cita-cita dan mimpi yang besar untuk membangun dan memajukan desanya. Desa maju bukan karena bupati atau gubernur tapi karena Kades dan seluruh masyarakat yang ada di desa tersebut.  Sebagai seorang pimpinan harus mengetahui dengan pasti potensi sumber daya alam/ sumber daya manusia dan sumber-sumber pendapatan lainnya untuk membiayai seluruh proses pembangunan yang ada di desa. Kadang jadi pemimpin hanya urus administrasi, sekarang seorang Kepala Desa dituntut untuk urus lebih banyak lagi.
Kepala Desa mempunyai peran yang penting dan strategis dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di daerahnya masing-masing. Untuk itu seorang Kades harus tahu bisa membuat Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) desa yang memuat berbagai program/ kegiatan, rencana dan anggaran yang dibutuhkan di desa.  
Kantor Desa Bengkaung-Batulayar
Perencanaan desa harus akomodir kebutuhan-kebutuhan masyarakat dan bukan keinginan-keinginan masyarakat yang ada di desa. Untuk itu buatlah program yang strategis dan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat. Jika masih ada kades yang belum paham dalam mengurus desanya, disarankan agar Kepala Desa tidak perlu malu-malu bertanya kepada para rekan-rekan Kepala Desa yang telah banyak makan garam, terutama dalam pemerintahan desa. Berpikir dan bercita-cita besar bukan untuk menyombongkan diri, tetapi berpikir besar adalah untuk meneguhkan komitmen untuk membangun dan memajukan daerah sendiri. Bebaskan pikiran kita dari hal-hal yang negative, ajarkan kepada rakyat di desa untuk berpikir besar dan kelola sumber daya alam sehingga bisa diolah dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.
Jika memamahi tulisan ini, setidaknya belum mampu menyandang predikat Desa Swasembada (maju) setidaknya kita mengejar ketertinggalan, atau menaikkan grade menjadi Desa Swakarsa. Kita tidak menginginkan desa kita menjadi Desa Swadaya atau desa tertinggal. Setuju? Mari…
 M O T I V A T O R
Hari/ Tanggal
Bentuk Kegiatan
Materi
Lokasi
Keterangan
1
2
3
4
5
07 April 2012
Rapat Persiapan Menghadapi UN bagi siswa Madrasah Aliyah
Persiapan Pengawas Ujian Nasional
Kantor MA Ishlahul Muslimin Senteluk
Bersama guru-guru Madrasah Aliyah kami membahas masalah persiapan menghadapi UN 16 April 2012
10 April 2012
Disksusi tentang Batalnya kenaikan harga BBM
Politik dan Kebijaka Pemerintah
Kantor Desa Bengkaung
Kami bersama dengan Sekdes Bengkaung, staf desa dan sekretaris Kampung Media diskusi tentang pertimbangan pemerintah dalam membatalkan harga BBM. Saya berpendapat bahwa semua itu untuk kepentingan rakyat, tidak mungkin pemerintah mau menyengsarakan rakyat.
15 April 2012
Perkembangan Pondok-Pesantren Madrasatul Qur’aniyah
Kinerja Guru. Disiplin dan jalinan komunikasi antara Yayasan dengan dewan guru
Beruga Kepala Madrasah Tsanawiyah
Hearing dengan pimpinan yayasan Pon-Pes MQ tentang guru kemajuan sekolah dari tingkat TK sampai MTs. Guru yang terlalu sering bermasalah saya sarankan untuk diberi peringatan. Namun pimpinan menekankan untuk selalu mengadakan pendekatan, baik secara emosi dan lainnya, tidak langsung ditindak, kita juga yang rugi kalau ada guru seperti itu kilah, Kepala KUA Kecamatan Batulayar tersebut.
19 April 2012
Perkembangan Pondok-Pesantren Madrasatul Qur’aniyah
Sulitnya mendapatkan tenaga penceramah untuk Agenda Bulanan MQ (pengajian umum)
Beruga Kepala Madrasah Tsanawiyah
Dihadiri oleh Kepala MTs dan Kepala MI MQ. Itu memang masih kedala, kadang sudah disanggupi oleh Tuan Guru/ kiai, tiba-tiba batal (mendadak dengan urusan yang lebih penting) cerita ketua Yayasan. Saya menimpali jika terjadi hal yang demikian, setidaknya disiapkan pengganti, atau langsung Ketua Yayasan sendiri yang langsung terjun mengisi ceramah.
21 April 2012
Diskusi tentang rencana Penerimaan Siswa Baru (PSB) Madrasatul Qur’aniyah
Pembuatan Brosur PSB Tahun Ajaran Baru
Rumah kepala Mts MQ
Dihadiri oleh ketua Yayasan MQ, dan sebagian dewan guru. Salah satu cara untuk memperkenalkan sekolah, selain dengan door to door juga melalui pengedaran Brosur. Cara door to door mungkin paling efektif, cerita hadirin yang hadir.
24 April 2012
Berbicara tentang Olah Raga (Sepak bola Champion League)
Sepak bola menjadi ajang perjudian.
Rumah Ketua Yayasan (KUA) Batulayar.
Hadir perwakilan pemuda Desa Sandik, Desa Senteluk dan Desa Batulayar sambil membicarakan Champion League. Saya sarankan, lebih baik nonton biasa tidak ikut atau menjauh dari komunitas yang bertaruh.