Kamis, 26 April 2012

LOMBA DESA; HARAPAN PENINGKATAN KUALITAS MENJADI DESA MAJU


CAMAT BATULAYAR; Drs. MUJITAHIDIN
DESA LEMBAHSARI:  Tahun 2012 kembali Desa Lembahsari ditunjuk oleh Kecamatan Batulayar untuk mengikuti Lomba Desa tingkat Kabupaten Lombok Barat. Lomba Desa merupakan tolak ukur yang  logis untuk menilai kemajuan yang telah dicapai oleh Desa dan tuntutan di berbagai bidang pembangunan.  Untuk itulah diperlukan adanya evaluasi  atas keberhasilan yang telah dicapai serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan dari berbagai program yang telah direncanakan. Diperlukan adanya suatu sistim evaluasi dan pembinaan secara berjenjang mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, sampai tingkat provinsi melalui lomba.  
Dalam sambutannya ketua panitia mengatakan “banyak hal yang kita nilai dalam lomba desa ini, kali ini kita akan menilai 10 Desa tingkat Kabupaten Lombok Barat, Desa Lembahsari Kecamatan Batulayar merupakan sasaran pertama penilaian lomba yang kemudian akan dilanjutkan ke Kecamatan Gunungsari. Lebih lanjutkan dipaparkan bahwa pokok-pokok penilaian itu meliputi tertib administrasi, kesehatan, pendidikan, posyandu, pemerintahan dan lain sebagainya.
Sementara Camat Batulayar, Drs. Mujitahidin dalam sambutannya meminta para Tim Penilai untuk melakukan penilaian secara objektif, tidak direkayasa, jadi apa adanya, kita serahkan kepada penilai, demikian ujar Mujitahidin dihadapan para undangan dan Tim Penilai. Tidak terlalu banyak hal yang disampaikan oleh Camat Batulayar dalam sambutan yang dihadiri oleh Muspika Kecamatan dan tamu undangan. Hal tersebut dikarenakan waktu terbatasnya bagi tim penilai untuk menanyakan atau menilai perangkat Desa. Waktu yang ditargetkan oleh ketua panitia untuk melakukan penilaian kurang dari 90 menit. Paling lambat jam 12 penilaiain sudah selesai, demikian tutup panitia lomba sebelum mempersilakan tim untuk mengecek keberadaan administrasi Desa Lembahsari.