Selasa, 10 April 2012

STOP MEROKOK SEKARANG JUGA


Untuk pertama kalinya di tahun 2012 ini Sosialisasi Pita Cukai Rokok disosialisasikan di wilayah Kecamatan Batulayar. Pertemuan yang menghadirkan Diperindag, Kabag Perekonomian, serta Bea Cukai tersebut menggelar pertemuan dengan masyarakat Batulayar di Aula Sanggar Seni Kecamatan Batulayar. Pertemuan yang berdurasi kurang lebih 90 menit tersebut mengangkat tema antara lain; cukai serta hasil yang dihasilkan tembakau serta produk illegal. Dalam sambutan yang disampaikan langsung dari pihak Perekonomian Kabupaten Lombok Barat mengatakan, selama ini sumbangan atau hasil tembakau cukup berpengaruh terhadap pembangunan. Pembangunan Daerah, maupun pembangunan nasional.
Dari tema tersebut berimplikasi pada penjelasan akan bahaya kesehatan yang ditimbulkan oleh rokok. Di Nusa Tenggara Barat ini, kita merupakan produk tembaku, bukan rokok. Suplai rokok datang dari Lombok, Lombok Timur, Lombok Tengah, kalau Lombok Barat terhitung sedikit, demikian ungkap Kabag Perekonomian dalam uraiannya kepada peserta yang hadir. Industri Hasil Tembakau (IHT) mempunyai peranan penting dalam menggerakkan perekonomian nasioal, terutama di daerah penghasil tembakau, cengkeh dan sentra produk rokok, paparnya lagi.
Lebih lanjut dikatakan bahwa setidaknya ada lima hal yang boleh didanai oleh hasil atau cukai tembakau, antara lain; peningkatan kualitas bahan baku, pembinaan industry, pembinaan lingkungan social dan lainnya.
Sementara dari pihak Diperindag, Jumatin mengatakan bahwa rokok merupakan sumbangan atau pendapat nasional terbesar kedua setelah pajak. Meskipun mengandung unsure negative, unsure positif pun dari rokok tak bisa dianggap sebelah mata. Di samping memperluas lapangan kerja bagi masyarakat, pabrik tembaku juga jarang mem-PHK karyawan. Jawa Timur misalnya, merupakan produksi rokok terbesar, dengan itu mereka menjadi maju dan berkembang.
Berbeda dengan yang diungkapkan oleh pihak Bea Cukai Mataram, dalam penjelasan yang disampaikan kepada hadirin, ada beberapa tanda yang bisa menandakan bahwa cukai itu illegal. Ukuran bandrol yang ada di rokok itu merupakan hal yang penting, dan tidak boleh dipalsukan oleh pihak manapun.