Kamis, 03 Januari 2013

PASAR MURAH BATULAYAR DIWARNAI HUJAN DERAS


Petugas saat menurunkan paket sembako Pasar Murah
Mengawali pergantian tahun menuju tahun baru 2013, masyarakat Batulayar kembali disambangi oleh kehadiran bantuan Pasar Murah. Bertempat di Aula Sanggar Seni Kecamatan Batulayar, masyarakat Batulayar yang mengantongi kupon belanja di pasar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini berhak mendapatkan satu paket sembako seharga Rp. 30.000 (Tiga puluh ribu rupiah). Kupon yang tersebar ke masing-masing Desa se-Kecamatan Batulayar kurang lebih satu minggu sebelum hari pelaksanaan penjualan paket, kupon diterima oleh masyarakat.

Sejak pagi, masyarakat yang memiliki kupon sudah menanti kehadiran mobil pembawa paket sembako di halaman Kantor Camat Batulayar. Diwarnai dengan hujan deras, namun tidak menyurutkan animo masyarakat untuk mendapatkan paket yang terdiri dari beras, minyak goring, tepung dan indomie tersebut. Silih berganti masyarakat se-Batulayar mendatangi lokasi penjualan yang diawasi oleh Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Lombok Barat.
Masyarakat antri mendapatkan giliran
Diakui bahwa masih banyak masyarakat yang tidak mendapatkan atau kebagian kupon pembelian sembako dan tidak hanya di Kecamatan Batulayar. Masyarakat miskin atau kurang mampu yang sejatinya berhak membeli paket senilai Rp. 30. 000 tersebut justru mempertanyakan mengapa mereka tidak kebagian karcis.
Permasalahan tersebut sering menimbulkan sifat sensi kepada sebagian masyarakat. Ujung tombak atau pemimpin biasanya yang kena semprotan cemoohan massa. Kupon yang diberikan memang sangat terbatas dibandingkan dengan jumlah penduduk. Kebanyakan masyarakat berambisi mendapatkan kupon tersebut; tak peduli kaya, menengah, terlebih yang papa.