Jumat, 25 Januari 2013

KEGIATAN PHBI DUSUN TELOKE DALAM MENYAMBUT MAULID NABI



Dalam rangka menyambut dan memeriahkan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. 1434 Hijriah, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) serta Remaja Masjid Dusun Teloke Desa Batulayar menggelar beberapa mata lomba yang diprioritaskan kepada adik-adik usia lima belas Tahun kebawah. Tadi malam merupakan malam pembukaan acara. Acara yang dibuka oleh Ketua PHBI Dusun Teloke Lauk, Abdul Ghani mengatakan bahwa acara merupakan event yang tak terlewatkan tiap tahunnya. Dana yang kita kumpulkan untuk penyelengaraan kegiatan ini sekitar 5. 000 000 (Lima juta rupiah). Adapun tujuan diadakannya mata lomba tersebut adalah untuk melatih mental anak-anak agar. Demikian ujar Ustad Abdul Ghani saat memberikan sambutan.
Ghani menambahkan disamping menguji mental anak-anak agar terbiasa berbicara di depan umum, kegiatan-kegiatan lomba juga bertujuan untuk mempekuat daya ingat anak-anak akan materi atau pelajaran yang telah diajarkan di TPQ maupun di sekolah.
Di lain pihak, H. Anshari yang bertindak selaku Ketua Remaja Masjid, saat tampil di panggung hanya menjelaskan beberapa jenis mata lomba yang dilombakan. Selain itu, Anshori juga memperkenalkan rekan-rekan remaja yang ditugaskan sebagai dewan hakam atau tim penilai untuk kategori lomba. Lomba kali ini turut dimeriahkan oleh kehadiran mahasiswa-mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) asal Universitas Mataram.
Antusiasme warga saat lomba mulai terlihat, bagaimana tidak karena yang tampil adalah anak-anak mereka. Perasaan bangga, haru pun terlihat saat anak menaiki panggung. Tak kurang dari 200 anak lebih mengikuti lomba; lomba puitisasi al-Qur’an, pidato atau ceramah, adzan, membaca ayat pendek, cerdas-cermat, serta mewarnai gambar. Khusus untuk mewarnai, lomba akan diadakan jam 2, selainnya lomba tetap diadakan setelah sholat Isya di Masjid Baitullah Dusun Teloke Lauk-Batulayar.