Selasa, 29 Januari 2013

KURANGI PENGANGGURAN MELALUI HOME INDUSTRI



Are Manis merupakan salah satu Dusun yang dinaungi oleh Pemerintah Desa Sandik Kecamatan Batulayar Lombok Barat. Dari 14 Dusun yang dimiliki oleh Desa Sandik, mungkin Dusun Are Manis yang nota bene banyak memproduksi pangan. Jenis makanan ringan; Krupuk, Krepek Singkong, serta Kue Bawang banyak dijumpai di Dusun tersebut. Menurut salah seorang sumber, usaha tersebut telah digeluti lebih dari 80 tahunan. Kini home industry di Dusun Are Manis kian berkembang. Pada bulan Maulid ini permintaan semakin tinggi, begitu ujar Fadilati salah seorang pengusaha Krupuk, Krepek Singkong serta Kue Bawang asal Are Manis.
Pada bulan ini kita dan karyawan sampai kelabakan memenuhi permintaan pesanan. Untungnya juga lumayan, begitu cerita Fadilati. Usaha tersebut memang telah berjalan lama dan memiliki riwayat keturunan. Di Batulayar, Dusun Are Manis sudah tidak asing dalam memproduksi makanan ringan tersebut. Kalau dulu, banyak cewek/ cowok yang nganggur, tidak memiliki pekerjaan di Dusun ini, sekarang sudah sadar dan mereka keras bekerja, pengangguran semakin berkurang dengan adanya industry rumah tangga tersebut.
Banyak pasar yang dikuasai oleh pengusaha-pengusaha yang berasal dari Are Manis dan semuanya memiliki pelanggan. Pasar-pasar seperti Pasar Lendang Bajur Kecamatan Gunungsari, Kebon Roek-Ampenan. Tidak itu saja, yang menjadi daya tarik adalah produk Are Manis juga tersebar hingga Kabupaten Lombok Utara (KLU) bahkan Sumbawa, cerita Fadilati.
Untuk membuat Krepek Singkong misalnya, sehari bisa menghabiskan puluhan kilo bahan mentah yang dijadikan produksi. Pada gambar dapat dilihat bagaimana orang-orang tua ikut berperan dalam melancarkan bisnis atau untuk sekedar membantu anak, saudara, kerabat untuk memrpoduksi pangan. Semoga dengan majunya Home Industri yang ada di Dusun Are Manis Desa Sandik Kecamatan Batulayar mampu mengurangi jumlah pengangguran di Kecamatan Batulayar khususnya dan di Lombok Barat pada umumnya.