Selasa, 15 Januari 2013

MUSRENBANGDES DESA BATULAYAR



Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Batulayar Kecamatan Batulayar Lombok Barat kembali digelar. Bertempat di Aula Kantor Desa, H.M. Nur Taufiq selaku Kepala Desa Batulayar secara resmi membuka acara tersebut yang dimulai sejak pukul 10.15 waktu setempat. Dihadiri oleh BPD, masyarakat, serta unsure lainnya acara agenda wajib tahunan tersebut membedah program dan rencana pembangunan Desa satu tahun ke depan, 2014.
Dalam sambutannya dihadapan peserta musyawarah, Kepala Desa Batulayar mengatakan bahwa acara Musrenbang yang dilakukan tiap tahun tersebut merupakan hal yang sangat penting. Banyak yang menganggap bahwa agenda Musrenbangdes merupapakan ceremonial belaka, demikian ungkap H. Taufiq dihadapan peserta. Lebih lanjut, Kades Mungil tersebut mengatakan bahwa usulan-usulan masyarakat yang berasal dari Desa akan dilanjutkan ke usulan tingkat Kecamatan. Meski begitu, goal atau tidaknya program yang akan diusulkan masih memiliki unsure politis, begitu beber Kades.
Seperti biasanya, item usulan pada Musrenbang tetap mengacu kepada sector-sektor yang telah digariskan sebelumnya; infrastruktur, ekonomi, social-budaya, pariwisata, lingkungan, dan bidang pemerintahan. Item yang diusulkan pun memiliki sub-sub item yang sangat banyak. Hal tersebut tentu dengan melibatkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) di satu pihak dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), baik APBD I maupun APBD II.
Berikut salah satu contoh item yaitu bidang Kesehatan. Dalam bidang kesehatan ini terdapat beberapa sub item; program jambanisasi, pembangunan Balai Kesehatan, rehab Puskesmas Pembantu yang ada di Dusun Teloke, biaya melahirkan gratis, pembangunan Gedung Posyandu, dan lain-lainnya. Sementara di bidang social-budaya, sub item yang akan diprioritaskan; pengadaan alat kesenian, seni ukir-pahat. Sub pariwisata, lingkungan, infrastruktur dan sector ekonomi masing-masing memiliki sub-sub item yang menarik yang akan diusulkan untuk tahun 2014 .
Acara Musrenbangdes Desa Batulayar ini juga dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswi dari Universitas Mataram, unsure Kecamatan, PNPM, LPM, Kepala Dusun se-Desa Batulayar dan undangan lainnya. Acara musyawarah berakhir sekitar pukul 12:50 Wita.