Kamis, 22 Oktober 2015

GERAKAN PENANAMAN SAYUR OLEH PKK DESA BATULAYAR

Setelah membuka Pelatihan Perhotelan bagi kaum muda di Desa Batulayar beberapa hari yang lalu, Pemerintahan Desa yang dimotori oleh H.M. Nur Taufiq ini mengalihkan pandangan kepada kaum perempuan melalui Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Tim Penggerak PKK dan Kader Posyandu yang dikomandoi oleh isteri Kepala Desa ini dituntut oleh Kades untuk membuat beberapa program dan kegiatan. Program yang dimaksud tentunya program yang bermanfaat bagi keberlangsungan pemerintahan yang mengarusutamakan kaum Hawa.
Menurut keterangan Ketua Tim PKK Desa Batulayar, Islamiyah Taufiq mengatakan kegiatan atau program PKK ini dimaksudkan untuk menyatukan visi, menguatkan dan menghidupkan silaturrahim sebagai ajang komunikasi lintas anggota dan Kader. Hanya dengan adanya kegiatan seperti ini, kita bisa bertemu dan berkumpul. Banyak hal yang perlu diceritakan, diketahui di lapangan termasuk kegiatan daripada Kader, begitu cerita Isteri dari sang Kepala Desa.
Kali ini, ketua Tim PKK Desa Batulayar memprogramkan anggotanya untuk menanam sayur-sayuran di halaman Kantor Kepala Desa Batulayar. Jenis sayuran-sayuran yang ditanam oleh perempuan-perempuan ini antara lain Bayam dan Kemangi. Setelah tumbuh dan bisa dipanen, sayuran hasil kegiatan Tim PKK ini diharapkan bisa dimanfaatkan, bukan hanya untuk mereka yang berkecimpung di urusan PKK dan kader-kadernya melainkan siapa saja yang ingin mencicipi atau sekedar dijadikan lauk.
Program yang dilaksanakan oleh Ketua TP PKK Desa Batulayar ini ternyata membuat para peserta menjadi antusias. Budi Ayuni, salah satu Kader Posyandu mengakui jika program ini sangat asyik dan terlihat rasa persatuan dan persaudaraan yang kuat. Senang dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini, secara pribadi saya berharap lebih banyak yang bisa diperbuat dan dilakukan oleh PKK untuk kepentingan masyarakat, demikian tandas dara asal Teloke ini.
Sisi lain, Kades M. Taufiq, mengatakan program-program kecil namun bermanfaat seperti ini sebagai peluang bagi para anggota PKK khususnya untuk mengembangkan diri. Belajar berkomunikasi dan bersosialisasi antara yang satu dengan yang lain, demikian lanjut Kades yang menjabat sejak tahun 2011 silam tersebut saat memantau pelaksanaan kegiatan.