Kamis, 03 Oktober 2013

MARI TINGKATKAN MINAT MEMBACA

Kunjungan Mobil Perpustakaan Kabupaten Lombok Barat ke Pondok Pesantren Ishlahul Muslimin Desa Senteluk Kecamatan Batulayar mendapat sambutan hangat oleh para guru dan murid yang berada di lingkungan sekolah. Kedatangan mereka pun dinilai tepat sasaran dikarenakan sekolah merupakan wadah dari para penuntut ilmu. Diakui oleh para petugas Perpustakaan Keliling Lombok Barat tersebut bahwa kedatangan mereka ke Madrasah baru yang pertama kali. Sebelumnya kita telah bersurat, mobil perpustakaan akan diarahkan kemana, namun Kepala Desa Senteluk mengarahkan kita langsung ke sekolah, tutur petugas Mobil Perspustakaan.
Para santri yang tengah menimba ilmu di Madrasah Ishlahul Muslimin pun langsung menyerbu mobil yang membawa banyak buku itu. Santri Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah tersebut terlihat senang dengan kehadiran mobil perpustakaan dan mereka pun langsung memilih jenis buku yang digemari untuk dibaca. Hanya saja buku yang dibawa oleh Mobil Perpustakaan Keliling Lombok Barat tersebut dibaca di tempat alias tidak bisa dibawa pulang atau dipinjamkan.
Dulu kita pernah meminjamkan buku, namun kebanyakan tidak dikembalikan. Banyak alasan dari peminjam untuk tidak mengembalikan buku; lupa, ketinggalan, hilang, dan sebagainya. Makanya kita takut, Mas kalau itu terulang sementara kebutuhan buku, masyarakat sangat menginginkan, demikian cerita petugas. Hari ini kita ke Desa Senteluk karena memang telah dijadwalkan, lanjutnya.
Santriwan dan santriwati madrasah pun mendapat pantauan petugas saat membaca dan melihat buku-buku. Sebagaimana Perpustakaan pada biasanya, dalam mobil penyedia buku tersebut menggunakan catalog; buku teknologi, buku agama, buku resep makanan dan lain-lain sebagainya. Kedatanga Mobil Perpustakaan tersebut langsung dimanfaatkan oleh para santri yang tengah keluar istirahat.
Patut diapresiasi program-progam seperti tulisan di atas. Bagaimana tidak, salah satu cara untuk mencerdaskan masyarakat adalah dengan menekankan kegiatan dan atau membaca. Dengan membaca orang akan banyak mengetahui apa yang sebelumnya tidak mereka kenal, tahu, alami, lihat, dan dengar. Ilmu merupakan hal terpenting dalam hidup. Pantaslah kiranya jika menuntu ilmu diwajibkan kepada setiap orang, sejak lahir bahkan hingga ajal tiba.