Jumat, 04 Oktober 2013

WUJUDKAN LINGKUNGAN BERSIH DENGAN BERGOTONG ROYONG

KEBERSIHAN MERUPAKAN BAGIAN DARI IMAN. Memang mudah diucapkan, namun terkadang perlu kesadaran yang tinggi untuk bisa mewujudkan kata-kata kebersihan bagian dari iman itu sendiri. Lingkungan yang bersih tentu akan menghasilkan jiwa yang bersih pula. Tidak hanya itu melainkan dengan bersihnya lingkungan, kenyamanan, kepuasan akan sangat terasa. Jika pada tahun-tahun sebelumnya, khususnya di lingkungan birokrasi, dikenal program Jum’at Bersih, namun program itu “hampir punah”. Entah apa yang menyebabkannya.
Di saat mendengar kata “Jum’at Bersih”, tentu dalam pikiran orang akan terlintas pekerjaan. Jika pekerjaan tersebut dikerjakan dengan banyak orang, melibatkan beberapa unsure, itulah mungkin yang disebut dengan istilah Gotong Royong. Gotong royong untuk bersih-bersih. Inilah program yang ingin dan sebenarnya harus dihidupkan kembali jika ingin melihat suasana menjadi sedikit lebih asri, enak dipandang, nyaman, dan sebagainya.
Adalah Pemerintah Kecamatan Batulayar dengan melibatkan semua unsure SKPD di wilayah Kecamatan mencoba untuk menghidupkan kembali tradisi Jum’at Bersih. Gotong royong Jum’at Bersih yang dilakukan di Dusun Puncang Daye Desa Sandik terlihat sangat mengesankan. Bagaimana tidak, semua unsure termasuk di Mahasiswa/i yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) asal IKIP Mataram ikut mengambil bagian pada agenda tersebut.
Gotong royong kali ini dipusatkan di kali Dusun Sandik yang merupakan terusan kali dari Desa Lembahsari. Alasan dibersihkannya kali tersebut dikarenakan setiap musim hujan tiba, kali rawan dengan banjir. Jika banjir, hampir separuh dari dusun yang ada di Desa Sandik menjadi korban genangan air. Tidak hanya genangan air melainkan kesehatan penduduk sekitar pun menjadi perhitungan. Sampah yang berserakan dan menumpuk di sepanjang kali kini berkurang setelah Pemerintah Kecamatan Batulayar mengerahkan pasukan untuk bergotong royong. Gotong royong dipandu langsung oleh Sekcam Batulayar, Muhammad Sukwan Tavif, S. Sos.