Senin, 21 Oktober 2013

JANGAN PERNAH BERHENTI MEMBANGUN


Dewan Asatid PP MQ sedang bergotong royong
Pembangunan merupakan salah satu cirri dari kemajuan suatu daerah. Pembangunan dalam berbagai bentuk; pendidikan, ekonomi, social, budaya dan pertahanan dalam bidang keamanan. Pembangunan dalam bidang pendidikan mampu memberikan implikasi sektor-sektor penting lain yang menjadi tolak ukur kemajuan dan perkembangan suatu daerah. Lembaga pendidikan tidak dapat dipungkiri sebagai pembentukan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, sumber daya yang akan mampu dan terus bersaing mengarungi kehidupan.
Berbicara masalah pendidikan, negeri maupun swasta, formal maupun nonformal akan memberikan efek langsung terhadap perkembangan masyarakat. Ini tentu sangat match dengan tujuan dan fungsi pendidikan secara umum. Dalam komunitas pedesaan, lembaga pendidikan lazimnya berbasiskan pada madrasah atau agama. Berbalik dengan komunitas perkotaan yang lebih ngetren dengan pendidikan umum atau sekolah negeri, meskipun tujuan yang akan dicapai adalah sama.
Di Kecamatan Batulayar, tak kurang dari puluhan lembaga pendidikan yang berbasiskan pada lembaga yang disebut Madrasah. Dari ujung Barat misalnya, Madarasah diwakili oleh Desa Senggigi, adapun di ujung Timur diwakili oleh Desa Lembahsari yang tak ketinggalan memiliki lembaga pendidikan madrasah. Pembangunan lembaga pendidikan yang berbasiskan madrasah kini kian terasa. Salah satu Pondok Pesantren di Desa Sandik Kecamatan Batulayar, Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah kini menambah pundi-pundi pembangunan mereka. Saya teringat, saat Reuni Alumni di Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lombok Barat terkait dengan pembangunan dan pengembangan pondok pesantren. TGH. Shafwan Hakim, selaku pimpinan menyampaikan hal yang sangat berkesan “sejak awal berdirinya pondok pesantren Nurul Hakim, hingga kini kita tidak pernah berhenti untuk membangun”, begitu ungkapan Kiai di hadapan ratusan Alumni yang hadir dari berbagai penjuru.
Begitu juga dengan pondok pesantren Madrasatul Qur’aniyah Desa Sandik Kecamatan Batulayar. Meskipun tergolong masih hijau, namun perkembangan pembangunan di Pondok Pesantren yang digawangi oleh TGH. Mujtahidin mengindikasikan bahwa lembaga pendidikan semisal madrasah, dari waktu ke waktu terus menuntut perkembangan. Kali ini Pondok Pesantren MQ akan membangunkan tiga local kelas untuk siswa. Lebih-lebih Madrasah Tsanawiyah di Ponpes MQ ini segera akan menggelar Akreditasi. Semoga niat baik, untuk mengembangkan dan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang maju dan berkualitas tetap lancar seiring dengan perkembangan dan tuntutan zaman yang kian menantang.