Selasa, 08 Oktober 2013

KINI POSKESDES DESA BENGKAUNG MULAI BEROPERASI

Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Desa Bengkaung Kecamatan Batulayar kini telah beroperasi. Terhitung sejak awal September 2013, tempat layanan kesehatan masyarakat tersebut kini bisa dimanfaatkan. Masyarakat Desa Bengkaung pun segera memanfaatkan Poskesdes meskipun kondisi prasarana masih belum mencapai 100 persen terutama masalah kelengkapan medis. Sejak mulai dioperasikan, masyarakat yang mengunjungi Poskesdes untuk setiap harinya semakin meningkat.
Sejak dioperasikan, terhitung 4 (empat) orang telah melahirkan secara normal di Poskesdes yang lokasinya berdampingan dengan Kantor Desa Bengkaung. Widiya dan Husnul Khatimah, yang ditugaskan sebagai Bidan, sempat heran dengan animo masyarakat yang mendatangi Poskesdes saat baru-baru dibuka.
Kini masyarakat Desa Bengkaung merasa sedikit terbantu dengan dekatnya tempat konsultasi kesehatan. Sebelumnya, masyarakat harus pergi hingga ke Puskesmas Meninting untuk berobat. Hanya saja, kondisi Poskesdes belum memiliki alat yang lengkap dari segi peralatan medis, salah satunya tabung oksigen dan Bantal periksa khususnya untuk Ibu Nifas. Setiap hari pasti ada warga yang datang berkonsultasi, kebanyakan mereka mengalami gangguan pernapasan, penyakit kulit, infeksi, begitu cerita Widiya dan Husnul di ruang kerja Poskesdes.
Rampung dan mulai dibukanya Poskesdes Desa Bengkaung, tak lepas dari dukungan dan support dari pemerintah setempat, khususnya dari Pemerintah Desa Bengkaung. Swadaya masyarakat Desa Bengkaung sangat tinggi hingga dapat membantu dioperasikannya tempat kesehatan tersebut. Gotong-royong sering dilakukan oleh masyarakat setempat guna menunjang kebutuhan Poskesdes.