Kamis, 26 September 2013

SOSIALISASI PPIP DAN MUSDA I DESA BATULAYAAR


P
rogram Pengembangan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) di Desa Batulayar Kecamatan Batulayar Lombok Barat kini mulai memasuki tahap sosialiasi. Tidak hanya sosialisasi yang menjadi agenda pertemuan yang dilaksanakan
di Aula Kantor Desa Batulayar melainkan Pembentukan Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) dan Kelompok Penerima Pemanfaatan (KPP). Istilah ini merupakan istilah pengurus yang ada di dalam Program PPIP. Pengurus yang akan bertugas nantinya menjalankan program PPIP terdiri dari lima orang untuk OMS dan lima orang untuk KPP.
H.M. Nur Taufiq, S. Pd.I dalam pengantar sambutannya kembali menegaskan usulan bahwa salah satu dari penggunaan dana PPIP adalah untuk rabat jalan sepanjang 1 kilometer dari Dusun Orong. Kita tidak mau memfokuskan pembangunan hanya di satu titik, ini tujuannya supaya tempat-tempat lain dapat tersentuh oleh dana pemerintah, demikian urai Taufiq.
Sementara, Harry Prabowo selaku Tenaga Ahli APBNP Kabupaten lebih banyak menjelaskan maksud dan tujuan dikucurkannya dana yang bernilai Rp. 250. 000. 000,- (Dua ratus lima puluh juta rupiah). Program-program semisal PPIP ini mempunyai tujuan yang jelas dari pemerintah. Adapun pengucuran dana ini diturunkan oleh pemerintah salah satu dikarenakan karena implikasi dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Adapun nanti dalam implikasi fisik peran masyarakat untuk berswadaya sangat diperlukan demi kelancaran pelaksanaan program.
Adapun pelaksanaan program PPIP ini berdasarkan empat tahapan; tahap rembuk desa/ penyiapan, sosialisasi, musyawarah desa. Musyawarah Desa ini terdiri dari Musda satu hingga empat. Program ini berdurasi sangat singkat. Jangka pengerjaannya ditaksirkan harus final pada minggu ke bulan Desember Tahun 2013, jadi sangat singkat, begitu penjelasan Prabowo.
Hadir pada pertemuan tersebut; Kepala Dusun se-Desa Batulayar, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, BPD, LPM, Mahasiswa KKN Unram, Fasilitator Teknik dan Fasilitator Pemberdayaan yang berasal dari Dinas PU Kabupaten Lombok Barat. Selama pelaksanaan PPIP, OMS dan KPP yang telah dibentuk dan di SK-kan oleh Kepala Desa akan didampingi oleh fasilitator.
Susunan Organisasi Masyarakat Setempat (OMS)  dan KPP  adalah sebagai berikut:
Organisasi Masyarakat Setempat (OMS)
v  Ketua            : Ali Asgar
v  Sekretaris      : Muhamad Juaini Muhtar
v  Bendahara     : H. Bustanul Arifin
v  Anggota         : 1. Ika Komalasari
          2. Nengaha Murti
Sedangkan KPP terdiri dari:
v  Ketua            : Kurnain
v  Sekretaris      : Fitriana
v  Bendahara     : Fihanah
v  Anggota         : 1. Kusnadi
  2. Miskah