Minggu, 06 Oktober 2013

"BIAS" MASUK SEKOLAH

Untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas disamping melalui program pendidikan, pemerintah juga mendukung dengan program kesehatan peserta didik, bahkan sejak usia dini seperti siswa Sekolah Dasar (SD). Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di Kecamatan Batulayar kini hampir mencapai 40 persen. Dengan durasi satu bulan, terhitung bulan Oktober ini, Pihak Puskesmas Meninting Kecamatan Batulayar harus mengunjungi sebanyak 33 (tiga puluh tiga) Sekolah Dasar atau sederajat yang tersebar di seluruh Kecamatan Batulayar.
Pemberian Suntikan Kekebalan Tubuh alias Imunisasi diperuntukkan untuk siswa kelas 1 hingga kelas 3 Sekolah. Berbeda dengan pemberian obat cacing yang diberikan untuk semua siswa, yaitu berasal dari kelas 1 hingga kelas 6 SD. Menanggapi kegiatan tersebut, Kepala Sekolah SDN 2 Batulayar misalnya, sangat apresiatif terhadap kepedulian pemerintah kepada anak sejak usia sekolah.
Hanya saja, ketika mendengar istilah suntikan, siswa-siswi SD sudah mulai ketakutan, bahkan saat akan disuntik, beberapa siswa ada yang takut, sembunyi bahkan menangis karena merasa kesakitan. Nabil Asgar, misalnya, salah satu siswa Sekolah Dasar No. 2 Batulayar menangis histeris saat akan disuntik. Kepala Sekolah, guru, dan pihak Puskesmas harus pandai-pandai merayu anak-anak didiknya hingga bisa diberikan Imunisasi.
Bulan ini memang diperuntukkan untuk Imunisasi dan pemberian Obat Cacing, selanjutnya akan dilanjutkan pada bulan Nopember dengan penggulangan Cacar, demikian jelas tim Medis dari Puskesmas Meninting di ruang Kepala Sekolah SDN No. Batulayar.