Rabu, 25 September 2013

MARI MEWUJUDKAN LINGKUNGAN dan RUMAH SEHAT

Terhitung sejak tanggal 24 dan 25 September 2013, pihak Puskesmas Meninting melakukan On The Job Trainning kepada seluruh Kader Posyandu yang ada di Kecamatan Batulayar. Acara yang digelar di dua hari di Aula Kantor Camat Batulayar ini mengambil tema “On The Job Trainning; Survey Data Dasar Kader Posyandu Mengenai Kesehatan Lingkungan Rumah”. Maksud dan tujuan diagendakan acara ini adalah untuk mengetahui jumlah rumah sehat yang ada di Kecamatan Batulayar dan terpenuhinya Sarana Sanitasi yang ada di rumah penduduk yang tinggal di wilayah Batulayar.
Semua Kader Posyandu yang ada di tingkat dusun dihadirkan untuk mengikuti pertemuan tersebut. Tugas mereka nantinya adalah mendata jumah rumah sehat dengan kategori yang telah tercantum dalam form yang telah diedarkan oleh petugas pihak Kesehatan dalam hal ini Puskesmas Meninting. Sebelum memulai acara, petugas terlebih dahulu menyebarkan form yang akan diisi oleh Kader Posyandu. Rumah sehat dan rumah tidak sehat sudah dikategorikan di dalam kolom tinggal diisi sesuai dengan yang tercantum pada kolom dan kondisi rumah yang sebenarnya, demikian ungkap Lukman selaku pemateri On The Job Trainning di hadapan seluruh Kader Posyandu.
Rumah sehat harus memiliki jendela, ventilasi, untuk mengimbangi keluar masuknya udara segar. Rumah sederhana dalam kategori ini adalah rumah yang berlantaikan semen dan tembok atau dindingnya terbuat dari pagar (bamboo). Jika rumah sudah memiliki kategori di atas seperti; pintu, jendela, ventilasi, serta sarana sanitasi yang baik, maka rumah sederhana tersebut dapat dikategorikan menjadi rumah sehat. Tidak hanya rumah, namun lingkungan yang sehat pun perlu diperhatikan, begitu tutur Lukman menjelaskan kepada peserta yang hadir.
Pertemuan yang dimulai sejak pukul 09:30 tersebut kebanyakan diisi oleh diskusi mengenai tata cara pengisian form mengenai penilaian Kesehatan Lingkunga Rumah. Dengan adanya On The Job Trainning Survey ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan di tengah-tengah masyarakat khususnya di Kecamatan Batulayar.