Senin, 02 September 2013

INI HASIL SALAH SATU BAGIAN DARI PROGRAM ADD TAHAP I 2013 BATULAYAR


Gerbang Dusun
Dua dari Program Anggaran Alokasi Dana Desa Tahap I Tahun 2013 rampung sudah di Kecamatan Batulayar. Sejak pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) pada bulan Juni lalu, dua program fisik yang diutamakan kini sudah terealisasi seratus persen. Program yang masuk dalam Rencana Anggaran Biaya pada proposal meliputi Pembuatan Pintu Gerbang Dusun untuk 5 (lima) Dusun dan Rehabilitasi Aula Kantor Desa Batulayar disamping program-program lainnya yang tertuang di dalam proposal.
Setelah dikonfirmasi, M. Ali Asgar selaku Ketua Tim Pengelola Kegiatan Desa (TPKD) Desa Batulayar mengakui jika program yang telah direncanakan sekarang sudah clar. Kita tinggal mem-fix-kan laporan saja. Sebenarnya laporannya hamper final tinggal beberapa persen sambil sedikit merevisi laporan yang keliru, demikian komentar M. Ali Asgar.
Lebih lanjut Asgar mengatakan jika program ini cepat clar tak lepas dari kerja tim yang sangat solid. Semua pekerjaan kita control dan bekerja sama dengan baik. Untuk pekerjaan fisik seperti pembuatan gerbang, tukang yang diserahi tanggung jawab kadang bekerja sampai malam hari, terlebih kemarin di bulan puasa. Tentu ini semua merupakan kebanggaan bersama. Begitu juga dengan laporan pelaksanaan kegiatan, semuanya tertata dengan baik. Ini semua tak lepas dari kinerja, Ketua, Sekretaris, serta Anggota TPKD Desa Batulayar.
Rehab Aula Kantor Desa Batulayar
Untuk diketahui, pada Alokasi Dana Desa Tahap pertama ini, baru 5 Dusun telah dinyatakan rampung pengerjaannya. Lima Dusun di bawah naungan Desa Batulayar yang dibuatkan Gerbang batas tersebut, yaitu: Dusun Teloke Lauk, Dusun Teloke Tengak, Dusun Kekeran, Dusun Tanah Embet Timur dan Dusun Tanah Embet Barat. Kelima Dusun tersebut kini masing-masing telah memiliki gerbang sebagai batas areal atau wilayah. Kelima Dusun tersebut note bene Dusun yang berada di daerah rendah. Adapun Dusun yang berada di sekitar daerah perbukitan, tinggal menunggu Alokasi Dana Desa (ADD) Tahap II.
Di Desa Batulayar terdapat 10 Dusun tersisa setelah terjadi pemekaran Desa beberapa tahun silam. Dari sepuluh Desa tersisa, lima Dusun yang telah tersentuh dengan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam bidang pembangunan fisik di tahap pertama ADD tahun 2013. Pada image di atas dapat dilihat salah satu batas/ gerbang Dusun yang telah rampung seratus persen dikerjakan dari dana ADD Tahap I 2013.