Minggu, 08 September 2013

MTS-SA MADRASATUL QUR'ANIYAH MENUJU AKREDITASI



Untuk kedua kalinya pengurus Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah (PPMQ) Dusun Tato Desa Sandik Kecamatan Batulayar menggelar rapat guna membahas persiapan menuju Akreditasi Madrasah. Pembahasan terkait dengan akuisasi status madrasah seperti akreditasi merupakan program yang harus direncanakan oleh tiap sekolah/ madrasah guna meningkatkan mutu atau kualitas madrasah. Dengan kualitas yang baik, tentu lembaga yang dijadikan sebagai wadah untuk menimba ilmu akan menghasilkan out put atau lulusan yang berkualitas pula.
Disamping itu, kualitas sekolah ditambah dengan cirri khusus yang dikedepankan akan menjadi nilai plus utamanya untuk memikat peserta didik atau santri. Bisa dibayangkan jika sekolah hanya sekedar asal-asalan misalnya, tentu hasil yang akan dikeluarkan menjadi tidak baik. Apalagi seperti dunia sekarang, sekolah yang bermutu menjadi incaran wali murid guna dengan harapan anaknya menjadi yang lebih baik.
Untuk diketahui, Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah yang terletak di Dusun Tato Desa Sandik Kecamatan Batulayar ini berdiri pada tahun 2010. Meskipun masih muda, Pon-Pes ini menaungi beberapa lembaga pendidikan; Raudhlatu Atfhal, Madrasah Ibtida’iyah dan Madrasah Tsanawiyah. Jarang ditemukan jika madrasah yang baru berdiri langsung mengejar target seperti Akreditasi Madrasah. Menuju akreditasi tentu tidak mudah. Butuh sarana dan prasarana yang memadai dalam semua sektor untuk menunjang kualitas pendidikan.
Rencana Kerja Madrasah (RKM), Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) menjadi focus perhatian sebagai syarat untuk bisa melakukan Akreditasi. Dengan rincian RKM dan RKAM yang jelas baru madrasah bisa diakreditasi dengan pengawasan dan bimbingan para mentor atau pembina yang telah ditunjuk. Melihat semakin dekatnya pelaksanaan Akreditasi, awak Madrasah pun segera dirapatkan barisannya oleh pengurus. Berikut daftar dewan guru yang diberikan tupoksi sebagai penyelenggara Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM).

No
Nama Guru
Bidang Tupoksi
1
2
3
1.
M. Fahrurozi, S. Pd
Standar Kelulusan
2.
Sirojudin Abbas, S. HI
Standar Pengelolaan
3.
Ramadhan, S. Pd.I
Standar Penilaian
4.
Ahyar Rasyidi, S. Pd
Standar Proses
5.
Hasan Basri, S. Pd
Standar Isi
6.
H. Sadri
Standar Sarana dan Prasarana
7.
Muh. Juaini Muhtar, S. HI
Standar Pembiayaan
8.
Muslihan, S. Pd
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Di atas merupakan nama-nama dewan guru yang diberikan tanggung jawab oleh Madrasah Tsanawiyah Satu Atap (MTs-SA) Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah disamping melibatkan semua dewan guru lain dan warga madrasah sekitar.