Kamis, 29 Agustus 2013

SERAH-TERIMA MAHASISWA KKN UNRAM DI KANTOR KECAMATAN

Bulan ini empat Desa di Kecamatan Batulayar menerima kehadiran mahasiswa/i Kuliah Kerja Nyata (KKN) asal Universitas Mataram (UNRAM). Di Kecamatan Batulayar, secara resmi dilakukan serah-terima mahasiswa antara pihak kampus dengan pemerintah Kecamatan yang kemudian akan disebar ke empat desa yang telah ditunjuk oleh pihak Kampus. Pemerintah Kecamatan Batulayar, melalui Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial (Kasi Kessos), Burhanudin, S. Pd yang bertindak selaku perwakilan Camat untuk menerima mahasiswa.
Sebanyak 42 (Empat puluh dua) mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang didampingi oleh seorang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ikut hadir dalam acara serah-terima tersebut. Pada sambutan yang disampaikan oleh Dosen pembimbing dijelaskan bahwa mahasiswa yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Batulayar berasal dari jurusan atau fakultas yang berbeda-beda; bahasa dan sastra Indonesia, MIPA, Hukum, Peternakan, Pertanian, Agrobisni dan lainnya, begitu penjelasan Dosen berjilbab tersebut.
Dalam penerimaan dan sambutan, Burhanudin menjelaskan kondisi Kecamatan Batulayar. Harapan kita, supaya adik-adik mahasiswa bisa beradaptasi dengan lingkungan, berbaur dengan masyarakat, mentransformasikan yang bermanfaat kepada masyarakat, demikian ujar Burhanudin di hadapan mahasiswa KKN yang diamini oleh seluruh mahasiswa yang hadir. Lanjut Burhanudin, bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi bagian penting dari kuliah yang tengah ditempuh oleh mahasiswa, dengan persyaratan KKN, gelar Sarjana dapat diraih. Artinya, jika tidak melakukan KKN, berarti syarat untuk mendapatkan gelar Sarjana tentu tidak bisa, demikian perkataan Kasi Kessos Kecamatan Batulayar di Aula Kecamatan.
Adapun empat desa yang ditunjuk sebagai lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk Unversitas Mataram yaitu; Desa Senggigi, Desa Batulayar, Desa Senteluk dan Desa Meninting. Keempat Desa yang ditunjuk sebagai lokasi kegiatan KKN sangat dekat dengan sentuhan Pariwisata. Untuk itu mahasiswa diharapkan mampu mengkondisikan situasi pariwisata baik pergaulan (interaksi), perilaku, dan tunjukkan jati diri mahasiswa, begitu pinta Burhanudin kepada mahasiswa yang akan bertugas.
Tak hanya itu penjelasan yang disampaikan perwakilan Camat tersebut melainkan juga menyebutkan satu per satu nama Kepala Desa yang bertugas di masing-masing Desa. Desa Senggigi, nama Kepala Desa: H. Mustakir Ahmad, Desa Batulayar: H.M. Taufiq, Desa Senteluk; Mukril Hakim, dan Desa Meninting: Mahnan Hariyanto, demikian urai Burhanudin, S. Pd.