Kamis, 11 April 2013

PEMBENTUKAN LPTQ KECAMATAN BATULAYAR



Seiring dengan semakin dekatnya pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Lombok Barat Pemerintah Kecamatan Batulayar langsung membentuk Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ). Pada pertemuan perdana pembentulan LPTQ Kecamatan, Camat Batulayar mengundang beberapa pihak terkait. Pihak yang biasanya sering terlibat dalam pengurusan beberapa bidang lomba yang kerap diadakan. Pertemuan pembentukan lembaga ini dihadirkan Kepala KUA Kecamatan Batulayar, Ketua PHBI Kecamatan, Para Pembina (Asatidz/ Asatidzah) yang memiliki bimbingan dalam bidang Al-Qur’an, serta dihadiri pula oleh beberapa peserta yang sering mengikuti lomba.
Pertemuan ini dipandu oleh Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial (Kasi Kessos), Burhanudin, S. Pd. Dalam sambutannya, Burhanudin mengatakan pembentukan lembaga ini sangat penting mengingat LPTQ merupakan wadah untuk menjaring bibit-bibit peserta yang akan tampil mewakili Kecamatan Batulayar. Tidak hanya itu, pembentukan lembaga ini merupakan bagian dari syiar Islam, demikian urai Kasi Kessos tersebut di hadapan undangan.
Sementara Camat Batulayar, Drs. Mujitahidin mengatakan bahwa LPTQ merupakan lembaga yang mesti dimiliki oleh setiap Kecamatan. Hal tersebut mengingat pelaksanaan MTQ maupun STQ merupakan ajang tahunan yang harus dilaksanakan, mulai dari lavel terkecil hingga bertaraf internasional dengan mata lomba yang sangat bervariasi. MTQ kali ini akan menjajal masing-masing Kecamatan untuk tingkat Kabupaten Lombok Barat.
Lanjut Mujitahidin mengatakan dengan terbentuknya LPTQ, kita dapat memberdayakan masyarakat kita sendiri khususnya peserta lomba yang berasal dari wilayah Batulayar. Pelajaran kemarin sangat berharga, kita dapat juara umum untuk tingkat Kabupaten, semoga itu menjadi motivasi kembali untuk menghadapi lomba-lomba selanjutnya.
Drs. Mujitahidin beserta para pengurus kali ini bertekad untuk mengorbitkan para peserta dari Batulayar. Percuma kita Juara I kalau pesertanya berasal dari luar Batulayar, demikian urai Camat. Suami dari Ny. Sulthiah ini mengakui jika di Kecamatan Batulayar tidak pernah kekurangan sumber daya untuk event-event MTQ maupun STQ. Bayangkan saja, para Pembina, para juri atau dewan hakam yang bertugas mengadili MTQ dan STQ kebanyakan dari Batulayar. Kita segera membentuk lembaga ini, untuk ajang TC kita bisa menggunakan Masjid Nurussyuhada Desa Meninting Kecamatan Batulayar, demikian ceramah Camat Batulayar saat merespon pembentukan lembaga LPTQ. Harapan dan masukan para asatidz yang kali ini sangat kita harapkan, dimana sumber peserta supaya segera didata, demikian ucap Drs. Mujitahidin.