Senin, 08 April 2013

PEDULI PENDIDIKAN, MASYARAKAT PUN BERSWADAYA



Tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya nilai pendidikan di Desa Senteluk Kecamatan Batulayar Lombok Barat makin diwujudkan. Banyaknya lembaga-lembaga yang didirikan sebagai tempat menimba ilmu demi menggapai masa depan anak yang lebih cemerlang. Pondok pesantren merupakan salah satu tempat untuk menimba ilmu yang hingga kini tetap eksis. Pendidikan berbasis Madrasah masih digemari oleh masyarakat utamanya masyarakat yang masih berdomisili di daerah perkotaan. Meskipun diakui, pesantren an sich diminati oleh masyarakat pedesaan melainkan menarik juga bagi orang yang bertempat tinggal di perkotaan.
Sebagai masyarakat yang tinggal di pedesaan, nilai-nilai kebersamaan, tenggang rasa, perhatian masih terlihat tinggi. Salah satu bentuk nilai kebersamaan yang masih lekat pada masyarakat pedesaan dapat terlihat pada saat gotong royong misalnya.
Pondok Pesantren Ishlahul Muslimin Desa Senteluk Desa Kecamatan Batulayar kembali mengerahkan masyarakat setempat untuk melakukan kegiatan gotong royong. Gotong royong “ngecor”  untuk melanjutkan pembangunan Gedung madrasah kembali menarik perhatian. Ini merupakan gotong royong ketiga masyarakat, sebelumnya gotong royong saat menggali fondasi, balok, kemudian sekarang untuk lantai kedua, demikian ujar salah satu tukang yang ikut menukangi pembangunan gedung sekolah tersebut.
Gotong royong merupakan tradisi yang sudah biasa bagi masyarakat pedesaan, apalagi kegiatan dihajatkan untuk keperluan Desa setempat. Menariknya, pada Desa yang dipimpin oleh Mukril Hakim ini, masyarakatnya pun sering mendapatkan undangan gotong royong keluar Desa atau kampong yang dana hasil gotong royong tersebut dijadikan sebagai kas masjid, begitu urai Muthawalli, salah seorang warga Dusun Senteluk Daye di areal Gotong royong. Warga tersebut menceritakan jika pada masyarakat tersebut terlihat sangat kompak pada acara-acara kemasyarakatan, apalagi untuk membangun lembaga pendidikan, kita semua sadar akan pentingnya nilai-nilai pendidikan. Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga Taffaquh fie al-Dien (mengekpresikan, menguatkan dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan).