Rabu, 10 April 2013

KADES BATULAYAR BUKA JALAN BARU



Pembukaan akses jalan menuju Dusun Kekeran Desa Batulayar Kecamatan Batulayar oleh masyarakat Desa Batulayar kini mencapai titik final. Rabu, 10 April 2013 Kepala Desa Batulayar, H. M. Nur Taufiq didampingi Ketua BPD Desa Batulayar, Kepala Dusun, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat langsung turun ke lokasi jalan yang akan buka. Akses jalan yang melewati Dusun Tanak Embet Barat ini diperkirakan memiliki panjang kurang lebih 2 Kilometer. Akses jalan tersebut menghubungkan Dusun Kekeran dan Dusun Tanah Embet, demikian keterangan Kades Batulayar di lokasi.
Tujuan dibukanya jalan tersebut untuk memudahkan warga kedua Dusun bertransfortasi. Setidaknya dengan dibukanya akses jalan tersebut kedua Dusun tidak terlalu jauh menuju tempat yang dituju karena bisa melewati jalur pintas, daerah Senggigi-Batulayar khususnya.
Adapun menurut keterangan warga sekitar, jalan tersebut memang jalan adat yang ada sejak dulu, namun karena jarang dilewati membuat ruas jalan tertutup oleh semak-semak dan tumbuhan, ini memang jalan dari nenek moyang kita, urai H. Kamil, salah seorang warga yang tinggal dekat dengan lokasi jalan yang akan dibuka.
Lokasi jalan tersebut berada di daerah perkebunan tepatnya di tepi utara Dusun Tanah Embet Barat Desa Batulayar. Karena berada di daerah pedalaman, kondisi jalan masih gelap dikarenakan belum memiliki lampu penerang.
Kalau sudah bisa akses dan diketahui oleh warga, ke depan bisa saja kita usulkan untuk pengaspalan tutur salah seorang warga yang ikut bergotong royong membuka jalan. Beberapa perwakilan dari masing-masing Dusun seperti Kepala Dusun, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat ikut bergotong royong sembari mengukur lebar jalan yang akan dibuka.
Sebenarnya, wacana akan pembukaan akses jalan ini telah beredar beberapa bulan sebelumnya, namun karena belum ada titik terang dan kesepakatan hingga pembukaan jalan sempat tertunda. Bulan ini merupakan resmi jalan tersebut dibuka oleh masyarakat.