Jumat, 07 Desember 2012

PELAKSANAN SEMESTER GANJIL DI MADRASAH BATULAYAR

Pelaksanaan Semester Ganjil untuk tingkat sekolah Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah di Kabupaten Lombok Barat mulai digelar. Sekolah sederajat SMP dan SMA tersebut melaksanakan ujian semester sejak hari Rabu tanggal 5 Desember 2012. Panitia ujian semester dalam hal ini Kelompok Kerja Madrasah (KKM) untuk masing-masing Kecamatan membuka semester dengan pelajaran yang sama. Untuk wilayah Batulayar-Gunungsari, Pondok Pesantren Al-Aziziyah yang ada di Kecamatan Gunungsari masih dipercayakan sebagai ketua Kelompok Kerja Madrasah (KKM). Sedangkan yang bertindak selaku sekretaris Kelompok Kerja Madrasah (KKM) diemban oleh Pondok Pesantren At-Tahzib Kekakit Kecamatan Gunungsari Lombok Barat.

Penyelenggaraan semester, middle test, bahkan try out soal-soal Ujian Nasional, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan fungsi utama dibentuknya Kelompok Kerja Madrasah (KKM). Disamping bentuk kerja sama antar sekolah, memudahkan untuk saling koordinasi antar madrasah, serta untuk membangun sinergi antar madrasah atau sekolah yang satu dengan sekolah yang lain.

Disadari atau tidak, dalam pencapaian tujuan, atau pengembangan visi dan misi dengan maksud yang sama, proses kadang tidak bisa dilakukan dengan sendiri. Tujuan tersebut akan tercapai dengan sekumpulan orang atau yang dikenal dengan istilah Tim. Inilah fungsi dibentuknya TIM, dalam hal pendidikan pun tak lepas dari kerja tim-tim yang membantu untuk mencapai target atau sasaran.
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan untuk menuju pendidikan yang baik, bermutu, mampu bersaing, bahkan bersifat professional tim atau kelompok tidak bisa dianggap sepele. Dalam hal pendidikan khususnya yang berbasis madrasah atau pesantren, penyeragaman dalam bidang; pembuatan soal semester, pelaksanaan semester, soal middle, input data dan lainnya perlu mendapat dukungan dari pihak-pihak terkait. Jangan sampai kegiatan-kegiatan positif, bersifat social mendapat respon negative.