Rabu, 27 April 2011

Lomba Desa Senggigi


Tahun ini merupakan kali kedua Desa Senggigi Kecamatan Batulayar ditunjuk untuk mengikuti Program Lomba Desa tingkat Kabupaten Lombok Barat. Acara yang menjadi salah satu agenda atau program rutin Kabupaten ini selalu digelar tiap tahunnya.  Hanya saja lomba yang diadakan tahun ini tidak semeriah lomba-lomba yang sebelumnya. Dengan kata lain, jika pada pada lomba-lomba sebelumnya ramai, meriah dan penuh persiapan, namun pada tahun ini terlihat biasa saja.
Acara tersebut dihadiri langsung oleh Camat Batulayar (Drs. Mujitahidin) beserta Ibu PKK Kecamatan Batulayar. Dalam acara yang berlangsung selama kurang lebih 2 setengah jam tersebut tidak menemui banyak kendala, baik disaat-saat penilai melakukan penilaian maupun persiapan sebelumnya oleh perangkat Desa Senggigi. Acara ini dihadiri oleh Tim Penilai dari tingkat Kabupaten Lombok  Barat, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Lombok Barat. Tujuan diadakannya Lomba Desa tidak lain hanyalah untuk menilai Sistem Administrasi Desa, mengetahui tingkat perkembangan desa, dan lain sebagainya. Pada acara tersebut terlihat juga beberapa staf Kecamatan Batulayar yang ikut berperan dan membantu kelancaran acara.
Memang, jauh hari sebelumnya Camat Batulayar di sela-sela Apel Pagi selalu mewanti-wanti akan banyaknya kegiatan atau agenda yang akan diadakan di wilayah Kecamatan Batulayar seperti halnya Lomba Desa ini. Oleh karenanya, Drs. Mujitahidin, minggu-minggu kemarin sebelum hari H pelaksanaan Lomba Desa ini sering  menugaskan beberapa Kepala Seksi, Kasubbag bahkan Staf, untuk turun melakukan pembinaan administrasi Desa. Begitu juga perangkat-perangkat Desa, dalam hal ini Sekdes-Sekdes selalu diingatkan untuk selalu dan terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan.