Minggu, 24 April 2011

The Blessing in Disguist

Tidak semua bencana menimbulkan derita yang berkepanjangan. Ada kala bencana malah membawa berkah apabila kita mau menerimanya sebagai tantangan. Kepercayaan Tuhan kepada manusia untuk menjadikannya sebagai khalifah di bumi ini menunjukan bahwa semua persoalan bisa terselesaikan dikarenakan manusia dibekali berbagai sarana, pikiran, perasaan, intuisi, etc. Persoalan apakah manusia percaya atau tidak dengan al-Khalik bukan menjadi tema dalam wacana ini.
Probematika kehidupan manusia, tidak ada yang kebetulan. Semuanya (true accident). Semua telah berjalan dengan aturan, hukum alam yang diciptakan oleh-Nya. Ketika manusia lupa, atau berbuat kesalahan, menjadikannya lupa, takut, malu, dan perasaan berdosa, Tuhan memerintahkan untuk selalu mendekat dengan-Nya. Tuhan selalu dekat dengan manusia, kedekatannya lebih dekat dari urat leher.
Tuhan menciptakan segala sesuatu dengan kadarnya, berpasang-pasang, hitam-putih, besar-kecil, jelek-indah, baik-buruk, etc. Terdapat begitu banyak orang baik di dunia ini, namun yang kita jumpai sedikit sekali dari yang baik itu berbuat kebaikan. Banyaknya orang yang berilmu, terkadang menyalah-gunakan keilmuan atau menggunakan ilmu tersebut tidak pada tempatnya.