Selasa, 03 Desember 2013

REVIEW RPJMDES DESA BATULAYAR

Review Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Desa Batulayar Kecamatan Batulayar Tahun 2013 oleh Tim XI mulai mengambil ancang-ancang. Pada rapat perdana review ini, Kepala Desa Batulayar H.M. Nur Taufiq, S. Pd.I bertidak langsung sebagai pimpinan untuk mengulas lebih jauh rencana pembangunan desa dalam jangka menengah. Usulan terkait program yang akan kita laksanakan dari para peserta rapat hari ini sangat kami harapkan. Karena usulan yang akan kita bangun selanjutnya akan ditindak-lanjuti ke tingkat Kecamatan dan Kabupaten, demikian sedikit sambutan Kepala Desa usai membuka rapat.  Pertemuan untuk membahas review ini sudah molor sampai tiga kali, berapa kali kita undang, peserta tidak pernah hadir, lanjut Kepala Desa.  
Dari Pemerintah Desa Batulayar, Inde Ahmad Yani lebih banyak menguraikan program-program yang sudah, tengah, dan belum terealisasi dengan baik. Infrastruktur, ekonomi, social-budaya, pendidikan secara total belum mencapai target yang kita inginkan. Dalam bahasa lain, dari semua item ini, capaiannya sekitar 40% yang telah terealisasi dengan baik.
Dari peserta yang hadir banyak yang memberikan masukan terkait dengan rencana yang akan diusulkan ke tingkat Kecamatan nanti pada acara Musrenbang. Program infrastruktur hingga kini masih mendominasi untuk segera diusulkan. Mewakili pemerintah Kecamatan, Staf Ahli PMD, Yudi Syarif, S. IP dalam arahannya lebih menyarankan pada program-program yang bersifat realistis dan emergency. Kita nanti akan memilih dan memilah program-program pemerintah yang berasal dari APBN, APBD I, APBD II dan Swadaya. Kalau sekiranya program infrastruktur misalnya telah tersentuh oleh APBN maka kita arahkan ke program selanjutnya. Ini dimaksudkan agar program-program tersebut tidak saling tumpang-tindih yang nantinya akan menyulitkan, demikian arahan dari Yudi Syarif.
Ikut hadir dalam rapat tersebut beberapa fasiltator dari Kecamatan seperti PNPM, PNPMMP, TPKD, LPM, Kader perempuan dan perangkat Desa Batulayar.