Kamis, 05 Desember 2013

MASYARAKAT PENERIMA BANTUAN RUMAH TIDAK LAYAK HUNI

Sebagian masyarakat miskin Desa Bengkaung Kecamatan Batulayar kini merasakan kegembiraan. Kegembiraan mereka terlihat jelas saat dikumpulkan di Aula Rapat Kantor Desa Bengkaung guna menerima penyerahan bantuan bahan Rumah Tangga Tidak Layak Huni (RTLH). Hadir dari perwakilan Badan Pemberdayaan Masyarakat Perdesaaan (BPMPD) Kabupaten Lombok Barat untuk memberikan pengarahan sebelum serah terima bantuan dimulai.
Dalam sambutan perwakilan dari Kabupaten Lombok Barat mengatakan bahwa Bantuan ini bersifat transparan dan tidak berbentu uang cash langsung, demikian urai pejabat dari Pemda Lombok Barat tersebut yang diangguki oleh masyarakat yang hadir.
Kepala Desa Bengkaung, di sela-sela masyarakat yang mendapatkan bantuan memberikan sambutan terkait dengan kucuran bantuan yang berasal dari Dana APBD Perubahan II ini. Sebenarnya, sebanyak 125 (Seratus dua puluh lima) Kepala Keluarga yang diusulkan untuk mendapat bantuan rumah tidak layak huni ini. Namun yang mendapatkan hanya 13 (Tiga belas) Kepala Keluarga. Meskipun demikian kita tetap bersyukur dan berterima kasih atas kinerja dan kerja sama dari berbagai pihak yang telah terlibat, begitu pengakuan H. Ahmad Junaedi saat memberikan sambutan.
Kepala Desa menambahkan jika realisasi dari bantuan ini prosesnya sangat lama. Harapan kita selaku pemerintah desa jika ada bantuan seperti ini agar proses lama menunggu tidak terulang kembali dikarenakan masyarakat telah lama berharap, begitu lanjut Kepala Desa. Bantuan berupa bahan bangunan rumah untuk masing-masing Kepala Keluarga diperkirakan masing-masing mendapatkan senilai 5. 000. 000,- (Lima juta rupiah). Tiga belas Kepala Keluarga yang mendapatkan bantuan tediri dari 4 (Empat) orang perempuan dan selebihnya laki-laki.
Masyarakat yang mendapatkan bantuan merupakan mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan. Meskipun belum merata, mungkin secara perlahan pemerintah akan tetap mensiasati agar taget tetap dapat tercapai.