Kamis, 12 Desember 2013

KUNJUNGAN KERJA KABUPATEN SUMEDANG KE BATULAYAR

Camat Batulayar (Batik Merah) saat memberikan Cinderamata
Untuk mengukur hasil capaian dalam sebuah program, berbagai macam cara dilakukan untuk mengetahui sejauhmana program tersebut berjalan baik dan sesuai dengan aturan. Studi banding atau kunjungan kerja mungkin yang paling mendominasi, disamping melakukan inovasi dan kreasi tersendiri.  Kunjungan kerja oleh masing-masing dinas maupun instansi kerap dilakukan, disamping untuk menjalin kerja sama dan mempererat hubungan silaturrahmi. Aspek positif yang akan diraih dari hasil kunjungan kerja tersebut setidaknya dapat diserap dan diterapkan dimana lembaga atau program akan dijalankan.
Kedatangan rombongan dari Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat ke Kecamatan Batulayar terkait dengan studi banding atas program PNPM GSC mendapat sambutan hangat dari pemerintah Kecamatan Batulayar. Tujuan kedatangan mereka untuk mengetahui apa, bagaimana, sejauhmana, tata cara dan teknis pengelolaan Program PNPM GSC di Kecamatan Batulayar. Mujitahidin, Camat Batulayar saat memberikan sambutan kepada undangan sedikit menjelaskan profil wilayah yang dipimpinnya. Disamping perkenalan, Mujitahidin juga menyorot kerja PNPM Kecamatan yang berjalan dengan baik.
Belajar memang tidak ada batasnya, termasuk studi banding ke daerah-daerah. Kita juga sering melakukan studi ke daerah lain, terlepas dari plus dan minusnya daerah yang dikunjungi. Ada manfaat yang perlu diambil. Dalam program PNPM GSC saat ini misalnya, sekolah-sekolah SD lebih bagus bangunannya, memadai, semuanya sudah menggunakan keramik. Ditambah lagi dengan kondisi Kecamatan Batulayar yang terletak di jantung Pariwisata, demikian urai Camat kepada undangan yang hadir.
Berbeda dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Rombongan dari Kabupaten Sumedang, berterima kasih atas sambutan hangat oleh pemerintah Kecamatan Batulayar. Mereka hadir dari berbagai unsur, Sekretaris BPMPD, Kabid Pemberdaayan Ekonomi, dan tentunya dari para Tim dari PNPM GSC Kabupaten Sumedang. Sebagai tanda sambutan, antara Pemerintah Kecamatan Batulayar dan Rombongan Kabupaten Sumedang saling memberikan Cinderamata.
Dalam pertemuan tersebut hadir, Ketua BKAD, Pengelola Kegiatan PNPM MP dan GSC Kecamatan Batulayar, fasilitator, kader perempuan dan sejumlah karyawan Kecamatan Batulayar.