Sabtu, 16 November 2013

PELETAKAN BATU PERTAMA DI PONPES MQ; Madrasah Adalah Jembatan Menuju Masa Depan

Keberhasilan dalam dunia pendidikan tentu ditunjang oleh sarana dan prasana yang memadai. Dalam sebuah lembaga, keberadaan sarana dan prasana tak bisa dianggap sepele, apalagi lembaga yang akan mengkader peningkatan Sumber Daya Manusia. Adalah Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah Desa Sandik Kecamatan Batulayar. Meskipun tergolong masih muda, namun perkembangan di pondok pesantren yang dipimpin oleh TGH. Mujtahidin ini dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.
Kekurangan kelas untuk siswa Madrasah Ibtida’iyah akhir-akhir ini segera akan dibenahi. Dibangunnya pondok ruang kelas baru yang diperuntukkan lembaga selevel Sekolah Dasar (SD) ini dalam waktu dekat akan terpenuhi. Hal ini ditandai dengan dibangunnya gedung kelas baru untuk siswa MI yang peletakan Batu Pertama dipimpin langsung oleh TGH. Khudairi Ibrahim.
Sebelum prosesi peletakan Batu Pertama pembangunan ruang kelas dimulai, sedikit TGH. Ibrahim memberikan tausiyah kepada jamaah yang hadir. Madrasah atau Sekolah adalah jalan menuju masa depan. Perkembangan ilmu dan teknologi yang demikian pesat menuntut kita semua untuk terus meningkatkan Sumber Daya Manusia. Kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat semuanya harus dicapai melalui ilmu dan pengetahuan, nah madrasah merupakan salah satu tempat untuk mengembangkan atau menuntut ilmu pengetahuan. Betapa wajah polos adik-adik, yang hadir ini akan menentukan nasib mereka ke depannya melalui wajah pendidikan, demikian sedikit tausiyah yang diberikan oleh kiai asal Kediri Lombok Barat tersebut sebelum memulai peletakan Batu Pertama.
Lebih lanjut dikatakan oleh kiai Alumni Al-Azhar Mesir tersebut bahwa kebajikan yang kita lakukan pada hari ini tak menuntut masuk media seperti TV, Koran, dan Radio. Yang terpenting adalah bahwa kebaikan yang kita lakukan hari ini masuk daftar catatan Malaikat, itu tiada tandingannya sebagai amal ibadah guna menuju kehidupan yang lebih kekal.  Niat baik para jamaah yang menghadiri undangan peletakan Batu Pertama ini tentu merupakan kebaikan dan bentuk kepedulian, kecintaan kita kepada ilmu, kepedulian terhadap pendidikan, begitu lanjut kiai.
Hadir dalam peletakan Batu Pertama di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah pimpinan yayasan MQ, Kepala Madrasah Tsanawiyah, Dewan guru, Kepala MI, Kepala RA dan sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat Dusun setempat disamping para wali santri. Peletakan batu pertama dimulai sehabis Shalat Ashar.