Jumat, 25 November 2011

Pembentukan Pengurus PNPM-MP Desa Bengkaung


Desa Bengkaung merupakan salah satu dari desa hasil pemekaran yang kini telah menjadi sebuah desa definitif, sebelumnya desa itu merupakan bagian dari salah satu dusun dari Desa Lembahsari Kecamatan Batulayar. Semenjak menjadi desa definitif, Desa yang dipimpin oleh Ahmad Raimah sebagai Kepala Desa tersebut langsung memulai mensosialisasikan berbagai program. Program-program partisipatif; Program Nasional Pemberdayaan Mandiri-Masyarakat Pedesaan (PNPM-MP) dengan berbagai program yang dimiliki seperti GPI, GSC (Gerakan Sehat dan Cerdas), dan lain-lain untuk pertama kalinya disosialisasikan.
 Ini pertama kalinya PNPM mengadakan sosialisasi yang dirangkaikan langsung dengan pembentukan Pengurus, demikian ungkap Kepala Desa dalam sambutannya. Banyaknya opini serta ide dari peserta rapat yang hadir membuat acara berlangsung cukup alot, terutama ketika memulai pembentukan pengurus PNPM-MP untuk Desa Bengkaung. Adu argument terdengar ketika salah seorang peserta rapat mempermasalahkan skill calon pengurus yang akan dibentuk. Untuk memberikan penjelasan serta pengarahan tentang kegiatan yang akan dicanangkan ke depannya, Kepala Seksi PMD Kecamatan Batulayar, H.M. Zakaki pun turun mengawal pertemuan. Hadir pula fasilitator PNPM Kecamatan untuk membantu menjabarkan program apa saja yang akan dijalankan oleh pengurus Tim Pengelola Kegiatan (TPK) bila sudah terbentuk.
Aula rapat pun menjadi sedikit riuh oleh peserta rapat yang masing-masing ingin mempertahankan idenya terkait dengan calon kepengurusan yang akan dibentuk, namun reda disaat peserta rapat menginginkan penunjukan calon pengurus ditentukan melalui voting suara.