Minggu, 09 November 2014

SOSIALISASI ADD II BATU LAYAR

Sosialisasi Penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) Termin II Desa Batu Layar Kecamatan Batu Layar di Aula Kantor Desa Batu Layar berjalan lancar. Dalam rapat sosialisasi ini merupakan kali pertama bagi Camat Batu Layar, Suparlan, S. Sos setelah dilantik untuk menggantikan pendahulunya H. Arif Rahman sebagai Camat pada tanggal 27 Oktober 2014. Sosialisasi Penggunaan ADD II ini dirangkai dengan perkenalan Suparlan sebagai Camat batu Layar di hadapan masyarakat yang ikut hadir sebagai peserta.
Setelah mengenalkan diri kepada masyarakat, Suparlan yang ikut menghadiri rapat mengajak masyarakat Batu Layar secara umum untuk tidak mudah terprovokasi dengan hal-hal yang akan merugikan. Suparlan juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mengawal semua program-program yang tengah dijalankan oleh Pemerintah demi kepentingan dan kebaikan masyarakat ke depan. Sebagai orang baru di wilayah Batu Layar ini saya berharap masyarakat mendukung semua program-program pemerintah baik di tingkat Desa maupun Kecamatan. Andai kata ada masalah yang terjadi agar diselesaikan secara musyawarah-mufakat, demikian urai Pak Camat.
Camat mengakui bahwa dari sepuluh Kecamatan yang tersebar di Lombok Barat ini, Batu Layar memiliki kompleksitas yang sangat tinggi bila dibandingkan dengan wilayah atau Kecamatan lain. Salah satu yang menyebabkan semua itu adalah masyarakat yang heterogen, sektor pariwisata yang menjadi pengakuan, bukan hanya milik Batu Layar ataupun Lombok Barat melainkan sudah menjadi milik internasional. Ini semua dibuktikan dengan adanya investor, para tamu yang terus berdatangan ke wilayah Senggigi, begitu pengakuan Suparlan.
Berbeda dengan Kepala Desa Batu Layar, H. M. Taufiq, S. Pd.I, Kades lebih mengelaborasi masalah jatah ADD II yang telah disepakati pada pertemuan-pertemuan sebelumnya. Selain membahas masalah pembangunan, Kades juga menjelaskan sistem pencairan dana yang akan diperoleh pada tahun 2015 mendatang. Setidaknya ada tiga persyaratan yang harus dipenuhi untuk pencairan dana alokasi pada tahun 2015 antara lain Profile Desa, Jumlah Penduduk Miskin dan luas wilayah.
Kades Batu Layar mennghimbau kepada Kepala Dusun khususnya untuk segera membuat profile Dusun, mendata jumlah penduduk miskin yang selanjutnya akan direkap di tingkat Desa. Kepada Kepala Dusun agar segera membuat profile dusun masing-masing dan mendata jumlah penduduknya yang masuk dalam kategori miskin yang akan menjadi usulan. Hadir dalam pertemuan yang berdurasi satu setengah jam tersebut tokoh agama, tokoh masyarakat, Kepala Dusun Se-Desa Batu Layar, Ketua RT, Tokoh Pemuda dan dari unsur Kecamatan Batu Layar.