Kamis, 27 November 2014

MOU BAKAL CALON KEPALA DESA DI BATU LAYAR

Seiring dengan semakin dekatnya waktu Pemilihan Kepala Desa di wilayah Kecamatan Batu Layar, pihak Panitia Pemilihan Kepala Desa beserta instansi pemerintahan seperti Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lombok Barat dan Pihak Kecamatan Batu Layar menggelar duduk bersama dengan semua bakal calon kepala desa yang akan bersaing tanggal 6 Desember mendatang. Kegiatan tersebut mengangkat tema tentang nota kesepahaman bagi para calon Kepala Desa untuk menyatakan kesiapan menang dan kalah pada acara puncak.
Pernyataan persetujuan kesiapan menang-kalah dalam pemilihan kepala desa tersebut dipandang sangat penting oleh public. Mengingat tingginya suhu politik di 3 desa yang akan menggelar pemilihan. Dalam sambutannya, Camat Batu Layar Suparlan menghimbau khususnya kepada para bakal calon untuk tetap mendukung siapa pun yang akan menang dalam pemilihan. Dari sekarang kita belajar untuk bersikap legowo, menerima kenyataan, siapa pun yang akan menjadi Kepala Desa harus kita dukung semua, demikian urai Suparlan di hadapan para peserta yang hadir.
Suparlan sedikit menceritakan pengalaman bagaimana ia memimpin di daerah lain. Di Kecamatan Lingsar, sudah 15 Desa yang saya ikuti dari perjalanan Pemilihan Kepala Desa dan Alhamdulillah semuanya aman, begitu lanjut Parlan. Dalam rapat yang digelar tersebut semua bakal calon yang akan maju bertarung kemudian diminta untuk menandatangani perjanjian mendukung dan siap kalah-menang saat pemilihan nanti.
Berbeda dengan petugas dari BPMPD Kabupaten Lombok Barat lebih menekankan kepada teknis penyelenggaran, aturan-aturan, serta himbauan untuk tidak melakukan anarkis bila terjadi permasalahan saat berlangsungnya pemilihan.
Pertemuan perjanjian pernyataan kesiapan kalah menang sebagai Kepala Desa tersebut dihadiri oleh pihak BPMPD Kabupaten Lombok Barat, Camat Batu Layar, Muspika, serta  tokoh-tokoh dari 3 desa yang akan melangsungkan pemilihan. Pertemuan yang berdurasi kurang lebih satu setengah jam tersebut berlangsung aman dan lancar. Harapan kita selaku masyarakat, siapa pun yang akan terpilih mampu mengemban amanah yang diberikan oleh masyarakat.