Minggu, 23 November 2014

PENTINGNYA PENDIDIKAN POLITIK UNTUK MASARAKAT

Enam Desember 2014 merupakan hari yang dinanti oleh mereka yang akan bersaing menjadi Kepala Desa di Kabupaten Lombok Barat. Pemilihan akan dilangsungkan secara serentak di Kabupaten Lombok Barat, begitu ujar salah satu staf Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Batu Layar. Di wilayah Batu Layar tercatat 3 Desa yang akan berseteru memperebutkan kursi Kepala Desa. Desa Senggigi, Desa Batu Layar Barat dan Desa Senteluk.
Dari hasil pantauan sehari-hari, ketiga Desa yang akan menyelenggarakan Pemilihan terlihat masyarakat yang kumpul dan berkerumunan, hanya satu yang menjadi tema, siapa yang akan memimpin mereka enam tahun ke depan. Gambar yang ada di dalam tulisan ini merupakan kerumunan masyarakat dari berbagai unsur, karakter, latar belakang pendidikan yang berbeda bahkan idealis membahas masalah siapa yang akan memenangkan pertarungan menjadi Kepala Desa.
Gambar yang disamping ini merupakan masyarakat Desa Senteluk yang sedang getol getolnya berbicara masalah pemilihan. Teknis, strategi dan pemetaan masyarakat yang akan dijadikan basis atau sasaran yang akan menjadi pendukungnya. Pembelajaran yang bisa diambil dari bincang bincang ini menunjukkan betapa politik telah menjadi sesuatu yang penting di masyarakat, karena bagaimanapun juga itu akan menentukan harapan dan nasib mereka.
Gambaran masyarakat seperti ini menunjukkan betapa pentingnya masyarakat mengenal, mempelajari bahkan diberikan pemahaman tentang politik. Tentu yang dimaksudkan disini adalah politik yang baik, politik yang berwibawa dan berkualitas dengan tidak melanggar aturan dan norma norma. Masyarakat kampung harus melek politik, harus mendapatkan pembelajaran tentang politik sebagai wahana interaksi social yang pada akhirnya akan menciptakan kedamaian, kenyamanan, kesejahteraan dan tentunya kualitas hidup yang lebih baik.