Jumat, 31 Oktober 2014

WORKSHOP KURIKULUM 2013 DI PONPES ISHLAHUL MUSLIMIN

Workshop Implementasi dan Sistem Penilaian Kurikulum 2013 Pondok Pesantren Ishlahul Muslimin Senteluk Kecamatan Batu Layar Lombok Barat. Kegiatan ini diikuti oleh segenap tenaga pengajar di Pondok Pesantren Ishlahul Muslimin dari semua tingkatan. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memantafkan tenaga pendidik untuk lebih memahami sistem dan penerapan kurikulum 2013.  Ketua Yayasan Pondok Pesantren Ishlahul Muslimin, Drs. H. Sanusi dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut disebabkan dapat memberikan nilai tambah, meningkatkan pemahaman guru, dan tentunya sistem pembelajaran kea rah yang lebih baik.
Di lain pihak, Kepala Madrasah Tsanawiyah, Baihaki Subki dalam pembukaannya acara mengatakan bahwa pentingnya pengenalan kurikulum terbaru ini kepada semua bawahannya, selama ini guru hanya mendengar istilah penerapan kurikulum 2013 namun pada kenyataannya masih banyak guru yang belum mengerti betul tentang apa dan bagaimana pelaksanaan kurikulum 2013.
Drs. H. Arifin, M. Pd yang bertindak selaku pemberi materi menjelaskan secara rinci terkait dengan penerapan kurikulum 2013. H. Arifin mulai menjelaskan sejarah kurikulum yang pernah diterapkan di Indonesia. Perkembangan pola pikir, pengetahuan, seni, budaya, serta teknologi sekarang menjadinya perubahan termasuk pada perubahan kurikulum. Mengenai mengapa semua itu terjadi, nara sumber yang diutus dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Nusa Tengara Barat ini berasalan karena pada dasarnya manusia menginginkan yang terbaik, tidak pernah puas, manusia dituntut untut terus berinovasi dengan melakukan perbubahan-perubahan yang berarti dan bermakna. Inilah landasan perubahan kurikulum 2013.
Di lain pihak, Arifin menjelaskan bahwa kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari kurikulum-kurikulum sebelumnya seperti kurikulum 2004, KBK, dan 2006 yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP, demikian urai Arifin di hadapan para peserta. Lebih lanjut Airfin menilai, bahwa pada dasarnya kurikulum 2013 ini dimaksudkan untuk lebih mengedepankan keaktifan siswa di dalam kelas, bagaimana sistem dan model pembelajaran yang diterapkan hingga peserta didik dapat mencapai target.
Kegiatan yang dijadwalkan selama satu hari ini diikuti dengan sangat antusias oleh seluruh peserta yang hadir. Dan ini merupakan kegiatan pertama kali diselenggarakan di Pondok Pesantren Ishlahul Muslimin Senteluk sejak penerapan Kurikulum 2013.