Kamis, 02 Oktober 2014

SMKN BATULAYAR; MERIAHKAN ULANG TAHUN KE-5 DENGAN PAWAI KARNAVAL

Menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-5 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Batu Layar Lombok Barat, pihak sekolah meramaikan acara dengan menggelar Pawai Karnaval. Tak kurang dari 2 kilometer meter siswa-siswi SMKN 1 Batu Layar berjalan menuju Kantor Kecamatan Batu Layar yang kemudian disambut langsung oleh Camat Batu Layar, H. Arif Rahman. Pawai Karnaval seperti ini merupakan kali pertama diadakan oleh sekolah yang dipimpin oleh H. Burhanudin, S. Pd ini. Acara ulang tahun sebelumnya, biasanya hanya terbatas di lingkungan sekolah. Acara di sekolah biasanya melibatkan pengeola pariwisata semacam Manager Hotel yang biasa dijadikan sebagai tempat prakerin siswa-siswi SMKN Batu Layar.
Kita melakukan pawai ke Kantor Kecamatan, kemudian nanti di sekolah kita sudah siapkan berbagai macam door prize. Pawai hanya diikuti oleh Kelas 1 dan Kelas 3 dikarenakan siswa kelas 2 sedang melakukan Prakerin. Satu pekan sebelumnya, tepanya hari Jum’at siswa dan jajaran sekolah mengadakan Shalat Istighasah untuk menyambut persiapan Hari Ulang Tahun, berikut urai H. Burhanudin di halaman Kantor Camat Batu Layar. Lebih lanjut Kepsek mengatakan, saat ini siswa-siswi yang belajar SMKN 1 Batu Layar sebanyak 570, ini terhitung tinggi. 
Di wilayah Batu Layar baru satu sekolah SMKN yang didirikan. Dengan mengedepankan dan mengembangkan sektor pariwisata, kehadiran SMKN ini sangat membantu dan merasa dibutuhkan oleh orang. Memajukan dan mengembangkan sektor pariwisata merupakan tuntutan dengan melihat daerah Senggigi dan Batu Layar yang kerap dijadikan sebagai icon. Banyak lulusan SMKN Batu Layar yang telah mendapatkan job atau pekerjaan di daearah pariwisata seperti di Senggigi dan sekitarnya tentunya dengan bakat, kanal dan sektor yang telah tersedia dan mereka timba ilmunya selama sekolah di SMKN Batu Layar.
Pawai Karnaval yang diikuti oleh siswa-siswi SMKN Batu Layar ini menampilkan busana yang berbeda-beda. Sebagian siswa menggunakan pakaian adat, olah raga, seragam sekolah dan Paskibra yang menjadi pemandu yang membawa spanduk bertuliskan Selamat Ulang Tahun ke-5 SMKN 1 Batu Layar. Harapan kita, dengan adanya SMKN ini bisa mengurangi resiko pengangguran, menambah lapangan pekerjaan bagi siswa yang pada akhirnya meminimalisir resiko criminal yang beralasan kurangnya lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah.