Jumat, 31 Agustus 2012

HALAL BI HALAL PONPES MADRASATUL QUR'ANIYAH


Suasana Bulan Syawal masih terasa di benak kita. Memang, Ramadhan telah berlalu, setelah sebulan lamanya kaum Muslimin-Muslimat berperang melawan hawa nafsu dengan berpuasa. Kini, bulan Syawal merupakan bulan dimana umat Islam melakukan introspeksi atau setidaknya dapat dikatakan melihat hasil dari aplikasi puasa yang telah dilakukan selama Ramadhan sebagai modal menghadapi sebelas bulan selanjutnya.
Lazimnya, Syawal merupakan moment dimana umat Islam banyak melakukan dan atau mempererat hubungan silaturrahmi antar sesama. Perayaan yang sering disebut dengan istilah Halal bi Halal pun marak dilakukan. Dari instansi pemerintah, para birokrat, organisasi, etc. Kesempatan untuk saling memaafkan antar sesama Islam pun marak diacarakan. Bentuk dan ragam acara pun sangat variatif, istilah open house, biasanya yang sering terdengar di telinga kita.
Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah Desa Sandik Kecamatan Batulayar pun tak ketinggalan mengadakan rangkaian acara halal bi halal. Halal bi halal antara pengurus ponpes, guru, siswa, serta wali murid meramaikan memenuhi Mushalla yang dijadikan sebagai tempat lokasi acara. Halal bi halal yang langsung dipandu oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah, M. Habibi ini pun tak kalah menarik. Ceramah agama terkait halal bi halal dan silaturrahmi oleh Ust. Jalaludin menambah hening dan hangatnya suasana.
Sayangnya, acara halal bi halal kali ini tidak dapat menghadirkan pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah, TGH. Mujtahidin, Lc,. MA dikarenakan kesibukan di luar. Kendati demikian tidak mengurangi antusiasnya hadirin yang hadir.