Minggu, 12 Agustus 2012

PENANAMAN NILAI UKHUWAH ISLAMIAH DI PONDOK PESANTREN MQ


Hubungan kedekatan antara pengurus, santri serta pendidik di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah semakin terasa. Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk buka puasa bersama, pimpinan pondok pesantren, pengurus, tenaga pendidik serta dihadiri hampir seluruh santri Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren. Acara tahun ini sedikit berbeda dengan tahun tahun kemarin. Jika tahun kemarin buka sekedar berbuka bersama, kali ini yayasan memberikan perhatian lebih kepada jajaran-jajarannya. Pembagian bingkisan menjadi variasi buka bersama di Pondok Pesantren MQ.
Setiap bulan Ramadhan, Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah selalau menyisihkan waktu untuk berkumpul dengan perangkat-perangkatnya. Seperti diakui oleh pimpinan pondok pesantren, bahwa “BUBER” ini merupakan wahana silaturrahim, penyatuan emosi, antara lembaga dengan guru serta santri. Nilai-nilai ukhuwah dalam BUBER ini terlihat jelas. Demikian kata sambutan yang disampaikan oleh TGH. Mujtahidin Abdulah, MA.
Selain itu, berbagai acara yang digelar menjelang tiba waktunya berbuka puasa; pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an, serta uraian hikmah bulan suci Ramadhan. Uraian hikmah bulan puasa kali ini disampaikan oleh Kepala Madrasah Ibtid’aiyah, Jalaludin, S. Pd.I. Dalam tausyiahnya, Jalal mengajak semua santri, para asatidz untuk meningkatkan ibadah pada bulan yang mulia ini. Ibadah perlu ditingkatkat pada bulan suci ini, tidak hanya pada malam hari, namun juga siang hari, demikian petikan ceramah, bapak dua anak tersebut sebelum tibanya azan sebagai tanda berbuka.
Harapan kita semoga apa yang dicita-citakan serta yang diharapkan oleh pimpinan pondok pesantren dalam menyelenggarakan pendidikan, mencerdaskan anak bangsa, khususnya membentuk kader-kader Islami mampu terlaksana dengan baik. Amien.